Breaking News:

Herman Deru :  Pertumbuhan Ekonomi di Sumsel Tertinggi se Sumatera

Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) mengklaim pertumbuhan ekonomi di Sumsel merupakan tertinggi se-Sumatera.

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/TS Linda Trisnawati
Gubernur Sumsel Herman Deru saat diwawancarai di Kantor Gubernur Sumsel, Sabtu (7/8/2021) kemarin. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pada kuartal ke II tahun 2021, pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan (Sumsel) mencapai 5,71 persen.

Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) mengklaim pertumbuhan ekonomi di Sumsel merupakan tertinggi se-Sumatera.

"Pertumbuhan ekonomi di Sumsel tercatat 5,71 persen sementara Lampung sebesar 5,03 persen," kata Herman Deru saat diwawancarai di Kantor Gubernur Sumsel, Sabtu (7/8/2021) kemarin.

Polsek Pengandonan Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

Sebelumnya diketahui, Lampung telah mengklaim pertumbuhan ekonomi di provinsinya adalah yang tertinggi di Sumatera. 

Menanggapi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang telah mengklaim lebih dulu tertinggi di Sumatera, Herman Deru ikut mempertanyakan. 

Keutamaan Juz Amma Surat Al-Lahab Bahaya Saling Tolong Menolong dalam Kejelekan, Lengkap 5 Ayat

"Di Provinsi Lampung itu 5,03 persen pertumbuhan ekonominya, sementara kita 5,71 persen. Kalian (awak media) coba jelaskan kenapa Lampung bisa begitu (klaim tertinggi se-Sumatera). Apa mereka tidak melihat punya kita," kata Herman Deru.

Meski ditengah pandemi Covid-19, Herman Deru meyakini kedepan pertumbuhan ekonomi akan terus meningkat.

Hal itu lantaran di Sumsel punya kekuatan tersendiri.

"Insya Allah tambah naik. Kita ada satu kelompok yang tidak kalah besar, yakni  pertanian. Petani kita genjot, produksi pertanian dan perkebunan serta hortikultura kita tingkatkan," katanya.

Bahkan menurutnya, kemarin ada panen penangkaran benih pertanian, bukan untuk dimakan, namun benih ini akan bisa ditanam di seluruh wilayah Sumsel.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Sumatra Selatan (BPS Sumsel), Zulkipli mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sumsel sebesar 5,71 persen pada kuartal II/2021.

"Pertumbuhan tertinggi dialami sektor penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 19,40 persen. Sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil serta sepeda motor juga tumbuh 12,75 persen," katanya.

Zulkipli mengatakan, pertumbuhan lapangan usaha tersebut juga sejalan dengan komponen pengeluaran dalam struktur pendapatan domestik regional bruto (PDRB) Sumsel yang meningkat.

Dijelaskannya, seluruh sektor konsumsi mengalami pertumbuhan positif, di mana konsumsi pemerintah tertinggi mencapai 6,65 persen diikuti oleh konsumsi lembaga non profit yang melayani rumah tangga dan konsumsi rumah tangga atau masyarakat.

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved