Breaking News:

Khasiat Daun Sungkai

"BELUM Pernah Diteliti," Analisa Ahli Soal Khasiat Daun Sungkai yang Diburu Warga Obati Covid-19

alah satunya yang menjadi buruan warga saat ini daun dari pohon Kayu Sungkai. Daun pohon ini diyakini sebagai pencegah Covid-19.

Editor: Wiedarto
sripoku.com/alan
Seorang warga OKU Selatan memperlihatkan daun sungkai. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--Penambahan kasus terkonfirmasi positif terpapar Virus Corona (Covid-19) di Sumsel terus bertambah.Akibatnya banyak masyarakat menjalani perawatan di rumah sakit, dan bagi yang tak bergejala banyak yang memilih melakukan isolasi mandiri (isoman). Meski demikian, khasiat daun sungkai hingga saat ini belum pernah diteliti pakar.

Sebagai upaya penyembuhan selain pengobatan melalui jalur medis, warga Kota Lubuklinggau saat ini mulai banyak mencari obat herbal.  Salah satunya yang menjadi buruan warga saat ini daun dari pohon Kayu Sungkai. Daun pohon ini diyakini sebagai pencegah tertular dari Covid-19.

Selain itu, Daun Sungkai ini diyakini warga mampu menjadi salah satu peningkat imun tubuh.

Rifat, warga Kelurahan Cereme Tabah mengatakan semenjak adanya berita mengenai Daun Sungkai bisa menjadi obat Covid-19 telah rutin mengkonsumsi Daun Sungkai

"Sejak banyak yang sembuh dari minum rebusan daun ini, saya sudah sering minum di rumah bersama keluarga," ujarnya pada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Namun saat ini karena kasus covid-19 sedang meningkat banyak warga yang mencari daun tersebut untuk diminum oleh warga yang positif Covid-19.

"Banyak warga yang mengambil daun sungkai untuk diberikan kepada kerabatnya yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah," paparnya.

Ia mengungkapkan saat ini daun Sungkai sedang banyak dicari. Bahkan beberapa pohon Sungkai milik warga sudah banyak habis karena diminta warga.

"Apalagi sejak Daun Sungkai ini menjadi buruan karena diyakini bisa menjadi obat herbal penyembuh Covid-19 dan banyak yang dicari," ujarnya.

Menurutnya, selama ini daun Sungkai tidak dilirik oleh warga, bahkan saat pohonnya sudah besar banyak ditebang dianggap tidak berguna.

"Tapi saat ini sudah banyak tahu jadi daun keringnya saja banyak diambil untuk dijadikan minuman. Mungkin karena khasiatnya yang bisa meningkatkan imun tubuh maka bisa menyembuhkan penderita Covid-19," tambahnya.

Penjelasan Ketua IDI Palembang dan Ahli Gizi
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Palembang, Zulkhair Ali, menyebutkan, hingga kini belum ada penelitian tentang daun sungkai yang bisa digunakan sebagai obat Covid-19.

"Sepengetahuan saya, sampai sekarang belum ada penelitian tentang daun sungkai terhadap penyakit Covid-19," ujarnya, Rabu (28/7/2021).

Senada dengan Ketua IDI Palembang, Ahli Gizi Klinik Rumah Sakit Umum Pusat Dr Mohammad Hoesin, Yenita, mengatakan belum ada penelitian terkait daun sungkai sebagai salah satu obat untuk dikonsumsi oleh orang yang dinyatakan positif Covid-19.

"Saya baca literaturnya dulu, ya. Soalnya belum ada penelitiannya," kata Yenita.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved