Breaking News:

Empat Daerah di Sumsel Terapkan PPKM Level 4, Ini Aturan Maskapai Penerbangan Bagi Calon Penumpang

Imbas penerapan PPKM level 4 di beberapa daerah di Sumsel, juga berdampak pada aturan maskapai penerbangan.

Editor: RM. Resha A.U
SRIPOKU.COM / Odi Aria
(ILUSTRASI) Para masyarakat dan calon penumpang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Bandara SMB II Palembang, Senin (5/7/2021). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Imbas penerapan PPKM level 4 di beberapa daerah di Sumsel, juga berdampak pada aturan maskapai penerbangan.

Pemerintah menetapkan empat daerah di Sumatera Selatan menggelar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 selama dua pekan, mulai 26 Juli hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

Empat daerah tersebut yakni Palembang, Musi Banyuasin, Lubuklinggau, dan Musi Rawas.

Penerapan PPKM level 4 ini akan diikuti dengan sejumlah aturan baru lainnya terkuat ruang gerak masyarakat termasuk kebijakan berpergian dengan moda transportasi. 

Sejumlah maskapai penerbangan mengaku hingga kini masih menunggu kebijakan dari tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid 19 dari pusat sebagai satuan tertinggi yang mengeluarkan kebijakan.

Dan nantinya kebijakan penerbangan akan diteruskan oleh satgas Covid-19 ke kementrian terkait, yakni Kementrian kesehatan dan Kementrian perhubungan yang akan mengatur regulasi penerbangan. 

General Manager Garuda Indonesia Cabang Palembang Meisye Paulina Tambunan mengatakan menunggu kebijakan baru terkait penerapan PPKM Level 4 yang akan diumumkan hari ini. 

Sebelumnya aturan lama yang mengatur syarat perjalanan udara hanya memperbolehkan penumpang yang akan terbang dengan ketentuan sakit akan berobat darurat dengan pendamping, ibu hamil yang akan melahirkan dengan pendamping maksimal 2 orang, angkutan jenazah non covid dan pekerja yang bekerja di sektor kritikal saja. 

Baca juga: Tetap Eksis Layani Penerbangan Domestik, Garuda Buka Kembali Rute Palembang - Medan dan Padang

Ke semua aturan tersebut juga harus memenuhi syarat administrasi dari pihak berwenang yakni pemerintah daerah setempat, hingga memperlihatkan bukti surat vaksin minimal dosis pertama, PCR tes dan lainnya. 

"Masih menunggu pengumuman, sebab meski PPKM level 4 diatur daerah tapi dalam instruksi dan surat edaran Gubernur Sumsel dan walikota tidak mengatur dengan jelas syarat dan ketentuan perjalanan udara," kata Meisye, Minggu (25/7/2021). 

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved