Breaking News:

Lima Hukum Dasar Dalam Islam yang Wajib Anda Ketahui (Figh Islam: H Sulaiman Rasyid)

Wajib adalah suatu perintah yang mesti dikerjakan, seperti contohnya perintah sholat dan puasa. Sebab wajib adalah perintah yang harus dikerjakan

Editor: Hendra Kusuma
HO/SRIPOKU.COM
Lima Hukum Dasar Dalam Islam yang Wajib Anda Ketahui, Figh Islam H Sulaiman Rasyid 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG- Sebagai umat Islam, maka wajib bagi kita mengetahui lima hukum dasar dalam Islam, sebagai pedoman dasar dalam beribadah kepada Allah SWT dan bergaul dalam kehidupan masyarakat.

Adapun lima hukum dasar yang wajib diketahui sebagaimana dikutip dari Figh Islam karangan H Sulaiman Rasyid, Cetakan ke-90 (Kesembulan Puluh) 2019, terbitan Sinar Baru Algensindo sebagai berikut.

Yakni, Wajib, Sunnat, Haram, Makruh dan Mubah.

1. Wajib

Wajib adalah suatu perintah yang mesti dikerjakan, seperti contohnya perintah sholat dan puasa. Sebab wajib adalah perintah yang harus dikerjakan dan akan mendapatkan pahala, jika tidak dikerjakan berdosa.

"Wajib, yaitu peritah yang mesti dikerjakan, jika perintah tersebut dipatuhi (dikerjakan), maka yang mengerjakannya mendapat pahala, jika tidak dikerjakan maka ia berdosa," (Figh Islam, H Sulaiman Rasyid, halaman 1)

2. Sunnat

Sunnat, seperti contoh puasa sunnah senin kamis atau sholat sunnat rawatib. Maka itu Sunnat diartikan sebagai sebuah ibadah yang dianjurkan. Diartikan sebagai berikut, jika dikerjakan akan mendapatkan pahala, jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

"Sunat yaitu anjurkan. Jika dikerjakan berdosa, jika tidak dikerjakan tidak berdosa,"

3. Haram

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved