Manfaat Centella Asiatica atau Daun Pegagan bagi Kesehatan Kulit, Daun Liar Khasiatnya Luar Biasa

Merupakan jenis tanaman liar yang banyak tumbuh dan ditemukan di sekitaran lahan perkebunan, ladang, tepi jalan dan pematang sawah.

Editor: Fadhila Rahma
Kompas.com
Tanaman Centella Asiatica 

SRIPOKU.COM - Tanaman Centella Asiatica memiliki beberapa nama lain yakni Gotu Kola, Kodavan, Indian Pennywort, Asiatic Pennywort atau orang Indonesia biasa mengenalnya dengan Daun Pegagan.

Merupakan jenis tanaman liar yang banyak tumbuh dan ditemukan di sekitaran lahan perkebunan, ladang, tepi jalan dan pematang sawah.

Diketahui ekstrak daun Cantella Asiatica atau daun Pegagan, sering kali dimanfaatkan sebagai campuran bahan skincare dari beberapa produk perawatan wajah.

Memiliki khasiat yang ampuh untuk kulit wajah ekstrak daun Centella ternyata dapat digunakan untuk membantu mengurangi terjadinya inflamasi pada kulit wajah, membantu meredakan kemerahan pada kulit wajah, serta dapat digunakan untuk semua jenis kulit wajah.

Baca juga: BREAKING NEWS: Kampung Baru Teratai Putih Palembang Digrebek Petugas, 171 Pengunjung Positif Narkoba

Baca juga: Ingat Bagas Ran Penyanyi Idola Cilik? Kian Dewasa Semakin Ganteng, Intip Penampilannya Sekarang

Baca juga: Dipicu Memanaskan Masakan Sayuran, 4 Rumah Warga di Banyuasin Terbakar, Rumah Kades Ikut Ludes

Tanaman Centella Asiatica
Tanaman Centella Asiatica (Kompas.com)

Dikutip dari laman kompas.com ternyata khasiat yang terkandung dalam Centella Asiatica atau Daun Pegagan tak hanya dimanfaatkan untuk produk perawatan wajah saja.

Nyatanya Daun Pegagan dapat dikonsumsi sebagai olahan makanan sehat dan olahan minuman herbal sebagai alternatif pengobatan tradisional.

Memiliki bentuk daun yang mirip ginjal dengan tepian daun yang bergerigi, tanaman ini juga memiliki bunga yang tersusun seperti payung berwarna merah muda atau putih.

Khasiat yang terkandung dalam daun Pegagan dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati demam, hipertensi, amandel, sariawan, batuk, sesak nafas serta memperlancar air seni.

Adapun cara mengkomsumsi Daun Centella atau Daun Pegagan ini dengan cara mengolahnya menjadi bahan masakan seperti tumisan sayur atau dapat dikonsumsi dengan cara meminumnya seperti menyeduh teh.

Tanaman Centella Asiatica
Tanaman Centella Asiatica (Kompas.com)

Penulis: Suci Amalia , Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya 2018

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved