Breaking News:

Vaksinasi Covid

TERBURU-Buru Sambil Ngobrol, Perawat Lupa, Suntik Pasien Tanpa Vaksin: Dosis Kosong

ia langsung menyuntikannya ke lengan seorang pria itu, tanpa terlihat dia mengisi jarum suntiknya dengan dosis vaksin Covid-19.

Editor: Wiedarto
SS/@optimusprime699/Twitter
Pria yang menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis kosong di India. 

SRIPOKU.COM, INDIA--India dalam kampanye program vaksinasi Covid-19 untuk kategori usia di atas 18 tahun, ketika sebuah video mengejutkan beredar yang menunjukkan kelalaian perawat memberikan suntikan dosis kosong.

Melansir The Indian Express pada Jumat (25/6/2021), seorang perawat sibuk berbicara dengan orang-orang di ruang vaksinasi sambil mengeluarkan jarum suntik sekali pakai dari bungkusnya. Setelah membuka bungkusnya, ia langsung menyuntikannya ke lengan seorang pria itu, tanpa terlihat dia mengisi jarum suntiknya dengan dosis vaksin Covid-19.

Menurut laporan, insiden itu terjadi di distrik Chapra di Bihar, India pada awal pekan ini. Insiden itu terungkap setelah seorang teman dari pria tersebut melihat video dokumentasi vaksinasi mereka setelahnya.

"Saya mendapatkan suntik vaksin pada 21 Juni. Kemudian, hari ini saya melihat video itu dengan teman saya, Aman Khan, yang menemaniku pergi ke kamp vaksinasi," ujar Azhar, pria yang berusia awal 20-an, kepada wartawan menurut The Telegraph.
"Saya terkejut melihat perawat hanya merobek kemasan plastik jarum suntik sekali pakai dan menyuntikan ke saya tanpa mengisinya dengan vaksin," ungkapnya.

Sesaat video itu menjadi viral ketika diunggah ke media sosial. Banyak yang membagikan pengalaman Azhar dengan memberikan tag ke banyak dokter, pejabat kesehatan negara bagian, serta para menteri, hingga pihak berwenang turun tangan.

"Informasi tentang video itu datang kepada saya. Menyadari kelalaian tersebut, perawat Chanda Kumari diberhentikan dari tugasnya. Selain itu, kami telah meminta penjelasannya dalam waktu 48 jam," kata Petugas Imunisasi Distrik (DIO) Saran, Dri Ajay Kumar kepada Lallantop.

DIO menambahkan bahwa perawat tersebut tidak melakukan itu dengan sengaja dan tindakannya merupakan kelalaian, karena pada saat itu situasi di pusat vaksinasi sangat ramai dan staf mendapatkan banyak tekanan. Menurut laporan, DIO mengatakan bahwa Azhar "akan dipanggil kembali dan dia akan mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin Covid-19". Insiden tersebut memicu kekhawatiran tentang pengaturan dan keamanan seputar proses vaksinasi Covid-19 di Bihar, India.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Suntikan Vaksin Covid-19 dengan Dosis "Kosong" di India"
Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved