Breaking News:

Vaksinasi Covid19

INGAT LAGI Daftar Penyakit yang tak Boleh Divaksin Covid-19, Prof Yuwono: Bahaya Jika Lolos Skrining

Daftar penyakit yang tidak diperbolehkan menjalani vaksinasi Covid-19 karena bisa berbahaya untuk si penderita jika lolos skrining.

Editor: Refly Permana
sripoku.com/ahmadfarozi
Vaksinasi Covid-19 gratis yang digelar Polres Musi Rawas di Lapangan Agropolitan Centre Pemkab Musi Rawas di Kecamatan Muara Beliti, Sabtu (26/6/2021) disambut antusias masyarakat. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ahli Mikrobiologi Sumsel sekaligus Direktur RS Pusri, Prof Dr dr Yuwono M Biomed mengatakan bahwa dalam  proses skrining, orang yang masuk daftar vaksinasi harus benar-benar dinilai kelayakannya.

Terutama jika dalam kriterianya seorang penerima vaksin harus terbebas dari komorbid.

Menurutnya, justru diperkirakan banyak yang tidak bisa divaksin karena banyak orang yang memiliki penyakit penyerta seperti jantung, diabetes, hipertensi dan lain sebagainya

"Selain itu, kelayakan penerima vaksin harus benar-benar diperhatikan, kriteria yang tidak boleh memiliki komorbid, tapi saya kira banyak orang yang komorbid di Sumsel," ujarnya, Senin (19/1/2021).

Hal ini menurutnya vaksinasi bukan lagi uji coba, sehingga jika bagi orang yang tidak memiliki penyakit penyerta, efek samping bisa saja hanya alergi biasa, namun bagi orang yang memiliki komorbid, hal tersebut mengkhawatirkan.

Jangan Coba-coba Vaksin, Akibatnya Sia-sia Bahkan Mengancam Jiwa, Ini Penjelasan Lengkap Prof Yuwono

"Sangat berhati-hati, saya jika masuk dalam daftar dan harus disuntik, saya dan orang yang menyuntikkan harus berhati-hati, dilihat dulu kelayakan saya, mulai dari anamnesis.

Adakah penyakit tertentu. Pada umumnya orang tidak banyak yang bisa divaksinasi, jika melihat kriteria yang disampaikan dari himpunan dokter ahli penyakit dalam.

Di situ yang layak relatif punya penyakit alergi biasa, tapi orang dengan darah tinggi, sedang sakit mengkhawatirkan," ujarnya.

Oleh karena itu, seorang penerima vaksin harus dipastikan tidak memiliki penyakit yang terdapat dalam format skrining, juga bukan orang yang pernah menderita Covid-19.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved