Breaking News:

Neson Murib Simpan Catatan Aliran Dana dan Keuntungan Jual Beli Senjata

Bahkan, jika tidak diberikan bantuan maka mereka akan melakukan teror, bahkan ada warga yang ditembak karena menolah memberikan bantuan.

Editor: Hendra Kusuma
Istimewa
Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri Selasa, 15 Juni 2021 ungkap sosok Neson Murib 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Sosok Neson Murib pemasok senjata untuk KKB Papua yang dibekuk oleh Satgas Nemangkawi bukan sosok biasa.

Dia diduga selain menjadi pemasok senjata juga donatur bagi pergerakan kelompok kriminal bersenjata yang kerap membuat resah di 4 kabupaten di Papua tersebut.

Sebab, Neson Murib atau dikenal dengan Ratius Murib tersebut membawa uang sekitar Rp 300 juta dan membawa buku agenda yang berisikan bantuan sebesar Rp600 juta dari Pemkab Puncak.

Catatan dalam buku agenda itu setelah diperiksa oleh Satgas Nemangkawi berisikan dana bantuan untuk KKB Papua dari Pemkab Puncak untuk pimpinan Lekagak Telenggen pada 6 Februari 2021 dan bantuan dari beberapa simpatisan TPNPB.

Terkait dengan hal tersebut Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Al Qudussy seperti dilansir dari Kompas.com menyatakan, saat ini pihak penyidik masih melakukan pendalaman.

"Termasuk benar atau tidaknya aliran dana ke Lekagak Telenggen tersebut," ujarnya, Selasa (15/6/2021).

Sementara itu jauh sebelum kasus ini terungkap, sejumlah pejabat di kawasan Puncak Papua pernah mengeluhkan teror dari KKB Papua yang kerap memaksa meminta bantuan.

Bahkan, jika tidak diberikan bantuan maka mereka akan melakukan teror, bahkan ada warga yang ditembak karena menolah memberikan bantuan.

Hal Serupa pernah diungkapkan oleh Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni kepada Kompas.com, bahwa pada 8 Februari 2021 silam mengatakan, sejak awal 2021, ia dan jajarannya belum sama sekali berada di Sugapa untuk menjalankan roda pemerintahan.

Kala itu dia mengatakan, para pelaku KKB Papua kerap memberikan ancaman.

Sebab, Sugapa merupakan ibu kota Kabupaten Intan Jaya. Salah satunya alasannya karena ancaman dari kelompok kriminal bersenjata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bupati Intan Jaya: Kalau Tak Dikasih Bantuan, KKB Bilang Kamu Merah Putih lalu Disiksa", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/02/08/19022581/bupati-intan-jaya-kalau-tak-dikasih-bantuan-kkb-bilang-kamu-merah-putih-lalu?page=all.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved