Breaking News:

Berita Palembang

2 Jenderal Ini Kerahkan Drone, Pantau Karhutlah di Sumsel

Jadi peragaan peralatan drone untuk antisipasi Karhutla ini adalah untuk menindaklanjuti aplikasi Songket yang sudah dibangun

Penulis: Odi Aria Saputra | Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Odi Aria
Simulasi pemantauan titik api menggunakan kamera drone oleh tim Drone Squad Karhutla di Halaman Hotel Wyndham Palembang, Jumat (11/6/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com,  Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Setelah resmi dilaunching beberapa waktu lalu, aplikasi Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu (SONGKET) langsung ditindaklanjuti oleh Polda Sumsel dengan membentuk pasukan drone atau Drone Squad. 

Drone Squad ini merupakan para anggota kepolisian yang bekerja di setiap polres di kabupaten/kota di Sumsel. Pasukan drone ini sendiri resmi dikukuhkan di halaman hotel Wyndham Palembang, Jumat (11/6/2021).

Adapun tugas dari Drone Squad ini adalah memantau ketika adanya deteksi dini titik panas yang telah terkoneksi dengan aplikasi Songket.

Pada saat terpantau adanya titik panas di suatu daerah di Bumi Sriwijaya, maka pasukan drone akan bergerak mencuri sumber titik api atau hotspot menggunakan kamera drone. 

Setelah titik api berhasil ditemukan, selanjutnya tim Drone Squad akan berkordinasi dengan tim pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yang selanjutnya bersiaga untuk memadamkan si jago merah. 

"Jadi peragaan peralatan drone untuk antisipasi Karhutla ini adalah untuk menindaklanjuti aplikasi Songket yang sudah dibangun, selanjutnya kami akan memberikan informasi dan edukasi kepada stake holder serta akan disebarkan kepada masyarakat tentang aplikasi ini,” kata Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Eko Indra Heri usai memantau simulasi pemantauan titik api menggunakan kamera drone di halaman Hoyel Wyndham Palembang. 

Dijelaskannya,  aplikasi Songket merupakan inovasi baru untuk melakukan deteksi dini akan  potensi terjadinya karhutla.

Aplikasi ini sudah diintegrasikan dengan kamera pengintai (asap digital) bekerjasama dengan Telkom untuk dipasang pada tower BTS Telkom di Sumsel.

Songket merupakan aplikasi pertama yang mengaplikasikan jarak dan rute terdekat menuju titik panas atau titik api berikut dukungan sumber daya air dan Posko terdekat di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved