Breaking News:

UMKM Boleh Bernafas Lega, Kini Bisa Dapat Modal dari SCF

Hal ini disampaikan Luthfi ZF, Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1A OJK pada Webinar Securities Crowdfunding sebagai Alternatif Pendanaan UMKM

Editor: aminuddin
www.infovalas.com
ilustrasi uang 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) boleh bernafas lega.

Pasalnya, kini sudah ada kesempatan mendapatkan modal, yang selama ini jadi kendala dalam mengembangkan usaha.

Melaluipeluncuran skema Securities Crowdfunding (SCF).

Hal ini disampaikan Luthfi Zain Fuady, Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1A OJK pada Webinar Securities Crowdfunding sebagai Alternatif Pendanaan bagi UMKM.

"SCF merupakan alternatif pendanaan bagi UMKM maupun pelaku usaha (start-up untuk mendapatkan dana dengan target market SCF 500.000 member akan bergabung pada Desember 2021," kata Luthfi, Selasa (8/6/2021).

Ia menuturkan, sumber pedanaan di pasar modal biasanya dengan penerbitan saham baru atau penerbitan obligasi atau sukuk.

Namun, dengan hadirnya SCF akan mempermudah UMKM dalam mencari pedanaan melalui pasar modal dengan menggunakan aplikasi (platform) penyelenggara, tidak harus berbadan hukum tetapi badan usaha juga dapat menawarkan SCF, dan efek yang ditawarkan tidak harus berbentuk saham tetapi bisa berbentuk obligasi dan sukuk.

Selanjutnya, konsep SCF adalah badan usaha yang membutuhkan modal kerja menawarkan saham atau obligasi atau sukuk kepada beberapa orang dengan maksud orang tersebut dapat membelu saham atau obligasi atau sukuk secara patungan dan beramai-ramai melalui platform.

"SCF dilatarbelakangi penerbitan POJK sebagai respons kebutuhan untuk mencari alternatif sumber pedanaan, arahan presiden RI pada PTIJK, dana arahan jetua DK OJK dalam Peluncuran SCF," ujar Luthfi.

Dalam hal ini, ada beberapa manfaat dari SCF yakni bagi penerbit adalah sebagai alternatif pembiayaan bagi UMKM, membangun start up (pengusaha rintisan) untuk berkembang melalui pembiayaan pasar modal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved