Breaking News:

Kapan Pemilu Presiden 2024, Pilkada Serentak serta Hari Pencoblosan Akan Dimulai ?

Rapat pembahasan Pemilu 2024 telah digelar pada Kamis (3/6/2021) oleh Komisi II DPR RI, pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum (Pemilu).

Sripoku.com/Alan
Ilustrasi perhitungan surat suara di TPS. 

SRIPOKU.COM -- Rapat pembahasan Pemilu 2024 telah digelar pada Kamis (3/6/2021) oleh Komisi II DPR RI, pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum (Pemilu).

Dikutip dari Kompas.com, unsur-unsur yang terlibat dalam penyelenggara pemilu yang turut serta dalam rapat ini adalah KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Rapat ini juga telah memutuskan kapat tepatnya hari pemungutan suara Pemilu 2024 untuk Pemilu Presiden dan Legislatif serta hari pemungutan suara untuk Pilkada (pemilihan kepala daerah) Serentak 2024.

===

Jadwal Pilpres

Dalam rapat tersebut, Pemilu Presiden dan Legislatif disepakati akan dilaksanakan pada Rabu, 28 Februari 2024 mendatang.

"Ya. Itu hasil kesepakatan tadi malam," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim, mengutip Kompas.com, Jumat (4/6/2021).

Pilpres kerap disebut pesta demokrasi setiap lima tahun sekali.

Oleh sebab itu, tahapannya akan dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari-H pemungutan suara.

Luqman menuturkan, selain memutuskan hari pemungutan suara, rapat juga memutuskan tahapan Pemilu 2024 dimulai 25 bulan sebelum hari pemungutan suara yakni pada Maret 2022.

Ilustrasi pemilihan umum.
Ilustrasi pemilihan umum. (SRIPOKU.COM/ANDI WIJAYA)
Halaman
123
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved