Breaking News:

HD Ajak Rumania dan Republik Moldova Bertukar Pengetahuan dan Teknologi Dengan Sumsel

Gubernur Sumsel Herman Deru menyambut baik kunjungan Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova beserta Delegasi Rumania ini.

Editor: bodok
SRIPOKU.COM/KOMINFO PROV SUMSEL
Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima cindramata dari Duta Besar RI untuk Rumania da n Moldova Amhar Azeth disaksikan Konsul Kehormatan RI di Konstanta Rumania, Emil Sirbu, Direktye Eksekutif IAA, Fory Dorian Popescu, Plh Sekda Provnsi Sumsel Drs Akhmad Najib SH MHum dan para Kepala OPD di lingkungan Provinsi Sumsel. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru (HD) menerima Kunjungan Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova beserta Delegasi Rumania dalam rangka Terkait Kerja Sama, Misi Dan Investasi dari Pengusaha Rumania di Sumsel berlangsung di Griya Agung Palembang, Sabtu (29/5/2021) kemarin.

Gubernur Sumsel Herman Deru menyambut baik kunjungan Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova beserta Delegasi Rumania ini.

HD Dukung Kerjurda Teknis Meja  jadi Agenda Tahunan

Ia ungkapkan Sumsel merupakan daerah yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan produktivitas yang sangat mungkin dipertukarkan antar kedua negara yang juga selama ini mungkin sudah terjadi, baik kebijakan negara maupun beberapa Provinsi di Indonesia.

"Saya sebagai Gubernur lebih tertarik untuk (transfer of knowledge) bertukar ilmu pengetahuan dan teknologi karena sumber daya sudah banyak ada di sini sehingga dapet teroptimalkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Alasan HD lebih tertarik untuk bertukar ilmu pengetahuan bukan tanpa sebab, menginggat Sumsel merupakan Provinsi Penyuplai karet di Indonesia sebesar 30 persen, serta produk kopi dengan urutan nomor 3 di Dunia, mulai dari kopi robusta, arabika, dan  liberica.

Hal tersebutlah yang mendasari HD lebih tertarik untuk bertukar pengetahuan dan teknologi.

Mantan Pramugari Ini Mengaku Kecanduan Seks dan Pernah Tidur dengan Seluruh Kru Pesawat

“Sekarang karet dan kopi dijual dalam bentuk baku, kami ingin kopi ini bukan hanya pohon saja, melainkan juga industri itu sendiri, sehingga dapat dinikmati panikmat kopi di Indonesia, oleh karena itu kami lebih membutuhkan pengetahuan dan juga teknologi untuk memajukan daerah ini,” ujar HD.

“Saya akan pertegas, sumsel ingin ilmu pengetahuan sehingga dapat membagi ilmu yang didapat untuk para petani Dan peternak di Sumsel. Saya harapkan nantinya kita buatkan beberapa kesepakatan di bidang lainnya, meliputi bidang pendidikan ataupun lainnya," katanya.

Sementara itu, Duta besar RI untuk Rumania Dan Moldova Amhar Azeth katakan, kunjungan ini dilakukan selama lebih kurang dua minggu dan bersifat implementatif.

Adapun kerjasama yang ditawarkan berupa alat rekayasa cuaca, Water Treatment, pengembangbiakan/penggemukan sapi, pengelolaan sampah, baik di ubah menjadi energi, pupuk ataupun lainnya.

“Sumsel terkenal dengan karet dan kopinya oleh karena itu kami juga ingin bekerjasama di sektor tersebut, serta di bidang Water treatment dengan sistem tetes, sehingga air dari hasil modifikasi cuaca dapat untuk di minum serta untuk irigasi," katanya

Turut hadir Konsul Kehormatan RI di Konstanta Rumania, Emil Sirbu, Direktye Eksekutif IAA, Fory Dorian Popescu, Plh Sekda Provnsi Sumsel Drs Akhmad Najib SH MHum dan para Kepala OPD di lingkungan Provinsi Sumsel.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved