Breaking News:

Ada Plus dan Minusnya, Ini Perbedaan antara Jaringan Internet 4G dan 5G

Jaringan 5G merupakan generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel untuk menggantikan 4G sebagai jaringan utama.

Editor: Ahmad Sadam Husen
leadgrowdevelop.com
Ilustrasi perbandingan jaringan kualitas 4G dan 5G. 

SRIPOKU.COM -- Secara terbatas, jaringan internet dengan kualitas 5G telah diluncurkan di Indonesia pada hari Kamis (27/5/2021).

Dikutip dari Kompas.com, kedatangan jaringan 5G di Indonesia dimulai oleh operator Telkomsel.

Hal ini setelah Telkomsel secara resmi mengantongi SKLO (Surat Keterangan Laik Operasi) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Jaringan 5G merupakan generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel untuk menggantikan 4G sebagai jaringan utama untuk perusahaan seluler dan produsen telepon.

Pengguna jaringan 5G mampu menggunakan internet mencapai kecepatan hingga 1 Gbps (1.000 Mpbs) serta menggunakan teknologi seperti beamforming dan MIMO masif untuk mengirimkan sinyal nirkabel dengan gangguan yang lebih sedikit.

===

Apa Beda 5G dengan 4G ?

Telkomsel akan fokus mengembangkan jaringan 5G setelah resmi ditunjuk sebagai salah satu peserta lolos seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz pada Rentang 2360–2390 MHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler yang digelar oleh Kemkominfo dan telah memilih alokasi blok C.
Telkomsel akan fokus mengembangkan jaringan 5G setelah resmi ditunjuk sebagai salah satu peserta lolos seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz pada Rentang 2360–2390 MHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler yang digelar oleh Kemkominfo dan telah memilih alokasi blok C. (istimewa)

Di beberapa area, 5G hanya sedikit lebih cepat daripada 4G, mencapai kecepatan rata-rata sekitar 49-60 Mbp, dikutip dari Hight Speed Internet.

Sementara di lokasi yang lebih padat penduduknya, 5G sepuluh kali lebih cepat daripada 4G, dengan mencapai kecepatan rata-rata hampir 500 Mbps.

Itu merupakan perbedaan besar dibandingkan 4G yang hanya mampu mencapai 30 Mbps.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved