Breaking News:

Berita Palembang

Pemkot Palembang Bayarkan Rp 9,5 Miliar, Ganti Pengadaan Lahan Pembangunan Fly Over Simpang Sekip 

Pemkot bayar ganti rugi tahap pertama pembebasan 7 persil lahan untuk pembangunan Fly Over Simpang Sekip senilai Rp 9,5 miliar. 

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Azwir Ahmad
sripoku.com/rahmalia
Walikota Palembang, H Harnojoyo memberikan secara simbolis pembayaran untuk ganti lahan pembangunan FO Simpang Sekip di Kantor PUPR-TR Kota Palembang, Kamis (27/5/2021). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang mulai membayarkan uang ganti pengadaan lahan pembangunan Flyover Simpang Sekip, Kamis (27/5/2021). 

Total untuk tahap pertama pembayaran ini ada 7 Persil yang telah dibebaskan dengan nilai Rp 9,5 miliar. 

Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, ia sangat berterima kasih atas kerelaan para ahli waris yang telah membantu pemerintah dalam pengadaan lahan pembangunan Flyover Simpang Sekip. 

Dengan adanya pembayaran ganti lahan tersebut, sebagai komitmen serius Pemkot Palembang untuk menghadirkan infrastruktur yang akan menjadi solusi bagi permasalahan kemacetan di Kota Palembang. 

"Alhamdulillah niat kita akan segera terwujud memiliki infratruktur yang akan bermanfaat besar bagi masyarakat Kota Palembang. Tidak hanya FO saja, kedepan akan ada Lingkar Timur dan Underpass Charitas," ujarnya. 

Ditambahkan, Kepala Dinas PUPR-TR Kota Palembang, Akhmad Bastari menjelaskan dalam tahap pembayaran pertama ini ada tujuh orang pemilik lahan yang mendapatkan ganti rugi dari Pemkot Palembang. Dengan total luasan yang dibebaskan mencapai 750 meter persegi. 

Dijelaskannya, dalam proses pembangunan FO Pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk pembebasan lahan. Pemerintah Provinsi dan Kota menerapkan sistem sharing dalam pembebasan lahan yang direncanakan rampung 1-2 bulan kedepan. 

Ruas Basuki Rahmat menjadi jalan nasional. Kewajiban Pemkot sharing pembebasan lahan yang telah dihitung oleh KJPP. Total ada 104 Persil, 4 Persil diantarahnya milik pemerintah, 12 Persil tidak dinilai karena diluar sertifikat BPN
Palembang sehingga 88 Persil yang dibebaskan. Ini kemudian dibagi dengan Pemprov Sumsel sebanyak 71 Persil dan Pemkot Palembang 17 Persil

"Pemkot membebaskan lahan di Basuki Rahmat ke arah PTC. Sebelumnya, 16 Persil sudah dibayarkan oleh Pemprov Senin lalu sehingga masih ada 65 Persil lagi yang belum dibebaskan. Dari jumlah ini 10 Persil akan segera dibebaskan oleh Pemkot di tahap dua," katanya. 

Lanjut, Bastari ruas lahan yang dibebaskan untuk pembangunan FO mencapai 6.053 meter persegi. Saat ini yang telah dibebaskan 1.478 meter persegi atau 23 Persil menggunakan dana APBD Kota sebesar Rp 9,5 Miliar dan APBD Provinsi Rp 9,8 miliar sehingga keseluruhan pembayaran lahan tahap pertama Rp 19,5 miliar. 

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved