Breaking News:

Lebaran 2021

Masjid Agung Palembang Tetap Salat Id Berjamaah, Jemaah dari Seberang Ulu Dicegat dan Putar Balik

Dari arah Seberang Ulu, petugas kepolisian berjaga di pangkal Fly Over Jakabaring, Simpang Pamor Kertapati, Lampu Merah Plaju dan Jembatan Ampera

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Welly Hadinata
Sripoku.com/Odi Aria
Masyarakat yang hendak Sholat Idul Fitri 1442 H di Masjid Agung Palembang disuruh petugas untuk putar balik, Kamis (13/5/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Masyarakat kota Palembang yang hendak melaksanakan Sholat Idul Fitri 1442 H di Masjid Agung Palembang tampak kecele.

Masyarakat yang hendak melaksanakan Sholat Id terpaksa mengurungkan niatnya setelah akses menuju Masjid Agung Palembang dihadang petugas kepolisian, Kamis (13/5/2021).

Akses menuju Masjid Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo tersebut di blokade dengan barier plastik oleh petugas. 

Dari arah Seberang Ulu, petugas kepolisian berjaga di pangkal Fly Over Jakabaring, Simpang Pamor Kertapati, Lampu Merah Plaju dan Pangkal Jembatan Ampera Palembang. 

Sementara di Seberang Ilir polisi berjaga di simpang Jalan Merdeka, Cinde dan Bundaran Air Mancur Palembang. 

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Palembang pun berlangsung dengan cepat, yakni dimulai pukul 06.00. Sholat Id di Masjid Agung Palembang hanya diikuti warga sekitar dan pengurus Masjid saja. 

Dilarangnya masyarakat Palembang melaksanakan Sholat Id di Masjid Agung Palembang, lantaran dikeluarkannya surat Keputusan Bersama dengan Kemenag Kota Palembang, Polrestabes Palembang serta Kodim 0418 nomor NOMOR: 1/KPTS.BER/1/2021 NOMOR:1258/KPTS/KK.06.05.02/HN.O2/05/2021, NOMOR B/1326/V/OPS/2021, NOMOR: B/250/V/2021 TENTANG PEL KSANAAN 1BADAH SHOLAT IDUL FITRII SYAWAL1442H/2021 M DAN PERINGATAN KENAIKAN ISA AL MASIH TAHUN 2021 di Wilayah Kota Palembang Saat Pandemi Covid-19. 

Madon, warga Jakabaring mengaku sangat kecewa dengan kebijakan tersebut. Pasalnya larangan Sholat Idul Fitri di Masjid terkesan mendadak. Ia yang sudah bergegas datang lebih awal untuk melaksanakan Sholat terpaksa disuruh putar balik oleh petugas yang berjaga di pangkal Fly Over Jakabaring. 

"Kebijakan ini saya nilai plin-plan, tak ada imbauan secara masif. Itulah sebabnya masih banyaknya masyarakat yang hendak Sholat ke Masjid Agung," kata Madon. 

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved