Breaking News:

Perayaan Lebaran Idul Fitri

Bacaan Takbir Idul Fitri Pendek dan Panjang Menurut Rasulullah SAW Versi Arab, Latin dan Artinya

Takbir, sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad Saw, dilakukan sendiri-sendiri, tidak berjamaah atau bersama-sama di masjid.

Editor: Hendra Kusuma
Ist/handout
Bacaan Takbir Idul Fitri Pendek dan Panjang Menurut Rasulullah SAW Versi Arab, Latin dan Artinya. Selamat merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Hari Raja Idul Fitri merupakan hari kemenangan yang dirayakan dengan Sholat Ied, Takbir dan saling kunjungi ke rumah tetangga, handai taulan dan saudara terdekat.

Takbir atau Takbiran merupakan tradisi lebaran yang sangat dianjurkan Nabi Muhammad SAW, karena makna Takbiran sangat mendalam.

Sebab Takbiran bukan hanya bentuk dari perayaan kemenangan, tetapi lebih dari itu sebagai bentuk untuk memuji Alah SWT dan benteng bagi Umat Muslim untuk menjaga diri dari godaan Iblis dengan pasukan setannya, yang baru bebas dari belenggu selama bulan Puasa.

Maklum, setan-setan memang dibelenggu selama bulan Puasa Ramadhan, yang dalam makna tersirat, bahwa Iblis kesulitan menyesatkan umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Keimanan mereka inilah yang membuat para setan terbelenggu.

Namun, sudah menjadi sifat manusia, ketika berhasil mencapai tujuan, maka sedikit lupa, dan perayaan hari kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri kerap membuat lupa, hal inilah yang patut diwaspadai.

Maka Nabi Muhammad SAW kemudian membaca Takbir.

Maka Berikut ini merupakan Bacaan Takbir Idul Fitri Pendek dan Panjang Menurut Rasulullah SAW Versi Arab, Latin dan Artinya

Lafadz Takbir Beberapa Versi:

Bacaan Takbir sebenarnya banyak berdasarkan beberapa riwayat dari beberapa sahabat yang mencontohkan Lafaz Takbiran baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Berikut ini Lafaz Takbiran pendek yang kerap dibaca dan memang asal mula dari bacaan Takbir.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved