Breaking News:

Tips untuk Membeli Ikan Giling Hingga Cara Mudah Melihat Ikan Giling Berformalin atau Tidak

Guna memberikan rasa aman akibat ditemukan ikan giling berformalin sebanyak 8,2 ton berikut cara melihat ikan giling berformalin atau tidak

Tribunsumsel.com/Linda
Penyuluhan Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang, Wilayah Kerja Dinas Perikanan Kota Palembang Karnilawati, S. Pi, Senin (3/5/2021). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Guna memberikan rasa aman akibat ditemukan ikan giling berformalin sebanyak 8,2 ton beberapa waktu yang lalu.

Maka Penyuluhan Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang, Wilayah Kerja Dinas Perikanan Kota Palembang Karnilawati, S. Pi memberikan tips dan cara mengetahui ikan giling berformalin.

Menurut Karnilawati, tak semua ikan giling berformalin.

"Kepada masyarakat jangan takut untuk membeli ikan giling. Belilah ikan giling yang memang sudah mempunyai sertifikat yaitu Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP)," kata Karnilawati saat dibincangi Tribun Sumsel, Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk yang sudah memiliki SKP seperti ikan giling Yuda Yudi yang ada di Sebarang Ulu I. Lalu ada juga Pempek Syamil yang juga menyediakan ikan giling. 

"Untuk ikan giling yang dengan merek ISTI bukan binaan kami."

"Kalau binaan saya tentunya sudah saya edukasi."

"Saya memberikan pembinaan dan penyuluhan pada UMKM."

"Sudah cukup banyak kelompok-kelompok yang telah saya bina. Setidaknya ada 40 kelompok binaan," katanya.

Karnilawati pun memberikan tips untuk membeli ikan giling di pasar, untuk secara kasat mata cara membedakan ikan giling berformalin atau tidak yang paling utama bisa dilihat dari baunya atau aroma ikan.

Halaman
12
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved