Breaking News:

Dinkes Siapkan Tenaga Kesehatan, Satu Posko Tiga Nakes, Pemudik Reaktif Harus Putar Balik

Dinkes Sumsel menyiapkan tiga orang Tenaga Kesehatan (Nakes) yakni analis kesehatan, perawat dan sopir ambulans

Dok Humas Pemprov Sumsel
Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel bakal menyiapkan tenaga kesehatan untuk pos kesehatan yang terintegrasi dengan pos penyekatan di sejumlah batas wilayah kabupaten/kota di Sumsel. 

Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri menerangkan di dalam satu posko penyekatan Dinkes Sumsel menyiapkan tiga orang Tenaga Kesehatan (Nakes) yakni analis kesehatan, perawat dan sopir ambulans.

Para nakes ini akan bertugas mengecek kendaraan pemudik ketika di berhentikan aparat kepolisian, apabila kondisi kesehatan pemudik terganggu maka akan dibawa di fasilitas kesehatan terdekat. 

"Posko ini akan berada di sekat antar kabupaten dan antar provinsi Sumsel. Satu pos diisi tiga nakes," kata Yusri, Minggu (2/5/2021).

Menurutnya, pos kesehatan akan efektif beroperasi mulai tanggal 6 sampai 18 Mei 2021. Pada periode arus mudik tersebut, para pemudik yang akan melintas akan dicek kesehatannya apakah terpapar Covid-19 atau tidak. 

Apabila pemudik tidak memiliki surat rapid test, maka mereka akan dicek di posko kesehatan. Jika hasil rapid pemudik reaktif, maka akan disuruh putar balik atau melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan. 

"Kalau pas diperiksa reaktif, maka dengan terpaksa pemudik akan disuruh putar balik oleh petugas kepolisian. Sebaiknya sebelum mudik bawa hasil rapid test dulu," jelas Yusri. 

Ia mengimbau,  kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di kampung halaman masing-masing. Pada saat berada di kampung halaman, pemudik harus tetap patuhi protokol kesehatan dan kurangi berkumpul saat silaturahmi. 

"Walau berada di tengah keluarga, kita harus tetap patuh prokes. Karena penularan itu terjadi pada umumnya dari keluarga terdekat," ungkap Yusri. (Oca) 

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved