Breaking News:

Advertorial

Sinergi Bersama Buat Kampung Produktif dan Inovatif, Raih Penghargaan Nasional

Berkat CSR ini kini warga di sejumlah kampung binaan menjadi produktif secara finansial dan terus berinovasi sehingga mampu berdaya dan berkarya

SRIPOKU.COM/HUMAS PERTAMINA
Pertamina memberikan bantuan CSR kepada Kampung Pangan Inovatif di Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju yang diterima langsung oleh Wakil Walikota Palembang Fitri Agustinda beberapa waktu lalu. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -

Kecamatan Plaju sebagai kecamatan yang letaknya paling dekat dengan wilayah operasional Pertamina Pengolahan wilayah Plaju mendapat sejumlah bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan atau Corporate Social Responsibility (TJSL/CSR) perusahaan.

Berkat CSR yang diberikan, kini warga di sejumlah kampung binaan menjadi produktif secara finansial dan semangat berinovasi sehingga mampu berdaya dan berkarya secara berkelanjutan.

Camat Plaju, H Ahmad Furqon S STP MSi menyatakan, awalnya pada tahun 2018 tercetus 1 (satu) kampung percontohan di Lorong Mari sebagai Kampung Warna-Warni dengan mengajak masyarakat bergotong-royong menjaga lingkungan, menanam sayur di pekarangan (urban farming), hingga pelaksanaan pemberdayaan masyarakat pada permukiman padat penduduk.

Pertamina Pengolahan wilayah Plaju melihat ini sebagai potensi pengembangan yang memberikan energi dan manfaat di masa mendatang.

Bantuan berupa peralatan untuk usaha UKM (Mari Berkarya dan Mari Kemplang), bantuan bibit tanaman, pelatihan dan pembinaan keterampilan hingga mendorong munculnya local hero yang berhasil menyabet juara pertama dalam ajang Pertamina Local Hero Awards tahun 2020 telah dilakukan.

Furqon menyatakan juga, awalnya tidak mudah mengajak warga berubah dengan peduli dengan lingkungan.

Harus ada contoh nyata dan usaha terus menerus tanpa henti agar maksimal dan berkelanjutan.

Furqon menambahkan, awalnya para tokoh masyarakat perlu memberikan contoh kepada warga namun hal ini memerlukan waktu lama untuk berhasil.

"Apabila yang kita lakukan niatnya baik dan istiqomah maka tidak ada yang tidak mungkin dan terbukti Kampung Iklim (Proklim) Lorong Mari meraih juara nasional, yaitu: Proklim Kategori Utama untuk 2 (dua) kelurahan - Plaju Darat dan Talangbubuk" cerita Furqon, Jumat (23/4/2021).

Halaman
12
Editor: bodok
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved