Breaking News:

Berita Palembang

PEMKOT Palembang Sulap Kampung Narkoba yang ada di Tangga Buntung Jadi Kampung BERSINAR

tingginya kasus peredaran narkoba membuat pemkot bertekad untuk menjadikan kawasan Tanggo Buntung sebagai role mode kampung percontohan

Sripoku.com/Rahmaliyah
Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda usai memimpin rapat terkait pembentukan kampung bersinar, Jumat (23/4/2021) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pasca penangkapan bandar, pemakai dan pengedar narkoba di kawasan Tangga Buntung, 36 Ilir Palembang belum lama ini menjadi sorotan banyak pihak. 

Terutama dari Pemerintah Kota Palembang. Mengingat kampung narkoba ini telah menjadi keresahan masyarakat.  

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, tingginya kasus peredaran narkoba membuat pemkot bertekad untuk menjadikan kawasan Tangga Buntung sebagai role mode kampung percontohan Kampung Bersih Dari Narkoba (Bersinar). 

Bersama dengan tim terpadu, Pemkot mendapatkan dukungan juga dari BNN Provinsi Sumatera Selatan, TNI dan Polri untuk bersinergi mengubah wajah Kampung Narkoba menjadi lebih baik. 

Namun, kata Fitri bukan tidak ada tantangan untuk mewujudkan ini.

Salah satunya, bagaimana mengedukasi dan melakukan pendekatan dengan masyarakat disana agar mau turut serta dalam mensukseskan Kampung Bersinar. 

"Makanya, kita lebih memilih dengan cara pendekatan pada tokoh masyarakat, alim ulama, RT/RW. Melalui kegiatan yang bersifat keagamaan seperti pengajian dan sebagainya. Namun, poin penting lainnya bagaimana meningkatkan perekonomian warga," katanya, Jumat (23/4/2021). 

Sebab, dengan adanya peningkatan kualitas ekonomi warga diharapkan bisa menyokong kehidupan warga tanpa harus melakukan penjualan atau transaksi barang haram tersebut.

"Kita punya kewajiban untuk mencarikan jalan keluar kesulitan ekonomi. Caranya dengan memberikan pelatihan keterampilan yang bisa bermanfaat akan membuat masyarakat lebih berdaya dan mandiri untuk membuka usaha," katanya. 

Pemkot Sendiri siap memberikan stimulus berupa bantuan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang membutuhkan.

"Kita kan ada pinjaman modal tanpa bunga tanpa angunan yang bisa dimanfaatkan," ujarnya. 

Beberapa titik yang telah dipetakan sebagai Kampung Bersinar, yakni Ilir Barat I di 36 Ilir dan 35 Ilir, Kecamatan Gandus.

"Secepatnya kita upayakan kampung bersinar ini terwujud. Tapi bukan seperti membalikkan tangan dengan mudah, tentu ada proses. Saya yakin di daerah sana masih ada masyarakat yang baik dan bebas dari narkoba," tutupnya. 

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved