Breaking News:

Berita OKU Selatan

Lezatnya Sambol Pajak Dicampur Ikan Mujair Panggang, Kuliner di Objek Wisata Danau Ranau OKU Selatan

Kemudian cara memasaknya, Ranggam direbus bulat-bulat, sementara lengkuas, kemiri, kunyit, bawang merah ditumbuk atau digiling secara halus.

SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Masakan Kuliner Khas Danau Ranau OKU Selatan Sambol Pajak campur Ikan Mujair Panggang, Jumat (23/4/2021). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA -- Wisata Danau Ranau Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) Provinsi Sumatera Selatan tak hanya memiliki objek destinasi wisata dengan panorama Danau yang indah.

Akan tetapi juga memiliki masakan kuliner yang enak dan sedap dapat dinikmati wisatawan.

Adapun, salah satu masakan khas objek wisata Danau Ranau adalah "Sambol Pajak" masakan kombinasikan sambal dengan Ikan panggang (Mujair Kumbang, khas Ranau) yang dimasak.

Baca juga: Pesta Narkoba di Kamar Nomor 04, 2 ASN OKU Selatan Sementara Waktu Diberhentikan, Ini Identitasnya

Baca juga: 2 PNS di Pemkab OKU Selatan Pesta Narkoba, Digerebek Langsung Wakapolres Kompol MP Nasution

Bahan resep masakan Sambol Pajak yang mudah didapat yakni Ikan mujair segar untuk  dipanggang, lengkuas, kunyit, kemiri, bawang merah, ranggam, serta daun kemangi. 

Kemudian cara memasaknya, Ranggam direbus bulat-bulat, sementara lengkuas, kemiri, kunyit, bawang merah ditumbuk atau digiling secara halus.

Setelah ranggam sudah matang, juga digiling secara halus. Setelahnya barulah dicampurkan dengan diaduk bersama bumbu (lengkuas, kemiri, kunyit, bawang merah) yang telah dihaluskan sebelumnya.

Terakhir, setelah bumbu halus telah diaduk merata. Selanjutnya campur dengan ikan panggang dan masukkan kedalam wajan biarkan hingga mendidih dan matang.

Di Danau Ranau, masakan tersebut dibagi menjadi dua macam.

Baca juga: Jalan Raya di Desa Madura OKU Selatan Amblas dan Hampir Putus, Sudah Dilaporkan ke Pihak Terkait

Baca juga: DPC PKB OKU Selatan Solid Dukung Cak Imin, Beri Sanksi Tegas Kader Membelot MLB

Jika ikannya dipanggang dahulu dinamakan "Sambol Pajak" akan tetapi kalau ikan nya tidak dipanggang atau masih mentah dinamakan " Pulang Akhi".

Bahkan sesuai selera masing-masing masakan tersebut bisa ditambah santan.

Masakan ini cukup poluler di Danau Ranau, bahkan menu masakan selalu tersedia di setiapa hajatan selain itu masakan ini juga tersedia dibeberapa warung makan lesehan wisata Danau Ranau.

Ibu Rumah Tangga (IRT) Fatma pribumi asli Ranau mengatakan selain rasanya enak, bahannya mudah didapat serta cocok dengan selera penduduk sekitar sehingga digemari masyarakat setempat.

"Masakan Sambol Pajak ikan Mujair ini memang dari dulu digemari banyak kalangan, selain cara membuatnya yang mudah juga rasa nya juga sangat lezat apalagi kalau ikan nya masih segar," ujarnya.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: RM. Resha A.U
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved