Breaking News:

Berita Muba

Warga Sekayu Ini Panen Pohon Kurma, Ada yang Berbuah Ditanam di Masjid, Dapat Bibit dari Thailand

Seperti yang dilakukan Candra warga Sekayu yang memulai bisnis pembibitan tanaman kurma, dirinya mengaku mendapatkan bibit dari Thailand.

Sripoku.com/Fajeri Ramadhoni
Candra petani pohon kurma pada saat sedang melakukan perawatan terhadap sejumlah pohon kurma miliknya. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU - Buah kurma yang selama ini identik dengan timur tengah dan wilayah gurun rupanya bisa tumbuh di tanah gembur seperti Indonesia.

Di kabupaten Muba sendiri, pembibitan kurma sudah dilakukan dan sejauh ini berhasil tumbuh dengan baik layaknya kurma-kurma asal Arab.

Seperti yang dilakukan Candra warga Sekayu yang memulai bisnis pembibitan tanaman kurma, dirinya mengaku mendapatkan bibit dari Thailand.

Setelah mencoba membudidayakan bibit kurma hingga berbuah, dirinya bahkan mampu menjual buah dengan tekstur lembut dan manis itu hingga ke beberapa daerah.

“Alhamdulillah, berkah bulan puasa. Salah satu pohon kurma yang ditanam di salah satu masjid di Sekayu kemarin berbuah walaupun buahnya masih bisa dikatakan prematur,”kata Candra, kepada Sripoku.com.

Dirinya menawarkan penanaman pohon kurma dilingkungan masing-masing dengan harga terjangkau. Dimana untuk satu bibit yang kita jual mulai dari usia setahun dengan harga Rp100 ribu, kemudian usia  3-5 bulan Rp50 ribu.

“Sejauh ini saya sudah menjual ke daerah Jawa, Sumatera, beberapa juga ke NTB, hampir kurang lebih sudah 2000 bibit terjual. Saya juga Insya Allah siap melayani permintaan bagi yang ingin menanam di masjid, apabila ada masyarakat ingin belajar saya siap membanti,”ungkapnya.

Tumbuhnya buah kurma yang ditanam pada pada masjid Darul Mutaqqin, membuat ia akan mewafakafkan 1000 bibit pohon kurma pada sejumlah masjid yang ada di Kabupaten Muba.

"Kalau di awal ini baru masjid Darul Mutaqqin. Program saya tahun ini akan mewakafkan untuk masjid 1.000 batang, sudah berjalan mulai beberapa pekan lalu,”tutupnya.

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved