Breaking News:

Berita Palembang

Ratu Dewa Wajibkan Sambal Calok Jadi Menu Pelengkap saat Berbuka Puasa, Ditambah Pete atau Jengkol

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palembang, Ratu Dewa punya menu favorit ala dusun yang wajib melengkapi hidangan baik berbuka puasa dan saat sahur

Penulis: Rahmaliyah | Editor: Welly Hadinata
Humas Pemkot Palembang
Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs Ratu Dewa MSi 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dibalik seragamnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tertinggi di Lingkup Pemerintah Kota Palembang, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palembang, Ratu Dewa punya menu favorit ala dusun yang wajib melengkapi hidangan baik berbuka puasa dan saat sahur. 

"Yang wajib ada itu sambal Calok (terasi). Menu pelengkapnya harus berkuah entah itu pindang atau ikan sale, lalapan Pete atau jengkol, rebusan sayur bayam dan jagung muda," ujarnya, Selasa (20/4/2021).

Sedangkan, untuk menu berbuka puasa dirinya termasuk yang tidak langsung mengonsumsi makanan berat.

Dewa lebih memilih makanan ringan atau takjil saat berbuka.

Diantaranya, menu favorit adalah Burgo, kolak pisang dan surabi. 

"Karena faktor usia juga, buka puasa harus minum air hangat tidak lagi air es, kalaupun makan buah kondisinya tidak boleh dingin jadi setelah dipotong langsung disajikan tidak disimpan di kulkas.

Baru setelah sholat magrib makan malam," jelasnya. 

Untuk menjaga stamina, sebelum shalat subuh ia terbiasa mengonsumsi madu sebanyak empat sendok makan.

"Ini rutinitas Wajib sebelum sholat subuh sambil ngaji harus konsumsi madu," katanya. 

Tahun ini, suasana bulan ramadhan sedikit berbeda menurutnya. Meski, sudah diperbolehkan untuk tarawih di masjid, namun tak seramai biasanya.

"Ada yang hilang, biasanya bisa ramai-ramai ke masjid tapi sekarang sendiri-sendiri karena harus tetap menjaga Prokes," katanya. 

Meski kondisi pandemi dan ramadhan, Ia masih menyempatkan diri untuk berolahraga badminton setiap malam Minggu setelah sholat tarawih.

"Sore-sore Nyambi nunggu buka puasa, sering juga cek aduan masyarakat. Seperti kemarin lampu jalan di Silaberanti, Plaju yang sudah lama mati dan alhamdullilah segera diperbaiki oleh PRKP," katanya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved