Breaking News:

Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI Turun Gunung, Awasi Pelaksanaan PSU PALI

Awasi pelaksanaan PSU Pali Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Pusat terjun langsung melakukan supervisi pengawasan

ho/sripoku.com
Komisioner Bawaslu Sumsel A Junaidi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Perhelatan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), pada 21 April 2021 di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS), akan menentukan nasib PALI kedepan, siapa yang akan memimpin untuk empat tahun kedepan.

Badan pengawas pemilu (Bawaslu) mengatakan akan semaksimal mungkin melakukan pengawasan dengab menurunkan sejumlah tim dengan turun gunung, mulai dari Bawaslu provinsi Sumsel hingga Bawaslu RI.

"Laporan dan temuan pelanggaran belum ada, dan kita harap tetap aman. Saat ini kita turunkan tim lengkap ke PALI, baik dari Bawaslu RI (12 orang) bagian pengawasan termasuk pempinan bawaslu Ahmad Badja, dan Bawaslu Sumsel (15)," kata anggota Bawaslu Sumsel A Junaidi, Senin (19/4/2021).

Diungkapkan Junaidi, jajaran melakukan dari sisi pengawasan sudah maksimal, dan pastinya pengawasan agar dilakukan pencegahan sehingga minim terjadi pelanggaran.

"Yang paling memungkinakan terjadi itu money politik, dimana ada 2 hal polanya, mengajak untuk memilih dan mengajak untuk tidak memilih kandidat lawan. Itu bagian money politik juga dan kecenderungan dilakukan dilapangan,"capnya.

Ditambahkan Junaidi, jajarannya saat ini masih intens melakukan supervisi terkait pembagian fomulir C6 atau undangan kepada pemilih mencoblos di TPS nanti, dan pihaknya ingin memastikan jika warga yang memiliki hak pilih benar- benar dapat undangan tersebut.

"Dari laporan, ada beberapa yang belum ditemukan karena ngasihnya pagi dan dia sudah kekebun, ataupun sore belum balik. Tetapi undangan itu kita ingin pastikan tetap akan diserahkan hingga besok, jangan sampai ada yang tidak diserahkan kepada pemilih," tuturnya.

Selain itu, dengan dimulainya pendirian Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat ini, pihaknya ingin memastikan didirikan sesuai standar.

"Mulai hari ini dimulai pendirian TPS dan kita ingin memastikan sesuai standar ukuran, letak, penerangannya termasuk akses untuk disibilitas, dan kita ingin pastikan SoP yang ada," tandasnya.

Sekedar informasi PSU 4 TPS di Kabupaten PALI pada 21 April mendatang, dipastikan jadi pertaruhan akhir kedua paslon antara Devi Harianto- Darmadi (DH-DS)versus Heri Amalindo- Soemarjono (HERO)

Dalam perolehan suara kedua Pasangan Calon DH-DS dan HERO memiliki gap atau jarak sekitar 500an suara yang saat ini HERO unggul. Namun, di 4 TPS itu sendiri ada sekitar 1.500 warga yang terdaftar untuk memilih, rinciannya sebagai berikut.

Di TPS 6 Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara (362 mata pilih), TPS 8 Desa Babat Kecamatan Penukal (343 pemilih), kemudian TPS 9 Desa Air Itam (454 mata pilih) dan TPS 10 Desa Air Itam Kecamatan Penukal itu (390 mata pilih), dengan total daftar pemilih yang terdaftar sebanyak 1.549 pemilih.

Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved