Breaking News:

Berita Empatlawang

Penampakan Masjid Terbesar di Empat Lawang, Didirikan Pada Tahun 1930, Awalnya Bahan Utama dari Kayu

Masjid ini awalnya menggunakan kayu sebagai bahan utama bangunannya, dimana masjid ini telah berdiri sejak tahun 1930.

Editor: Welly Hadinata
Tribunsumsel/Sahri Romadhon
Masjid Jaami' Daarus Sa'aadah, Tebing Tinggi, Empat Lawang 

SRIPOKU.COM, EMPAT LAWANG - Kota Tebing Tinggi sebagai pusat pemerintahan dari kabupaten Empat Lawang memiliki beberapa bangunan yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Masjid Jaami' Daarus Sa'aadah, yang merupakan masjid yang telah berdiri hampir satu abad dan merupakan masjid terbesar di kecamatan Tebing Tinggi, kabupaten Empat Lawang.

Masjid ini awalnya menggunakan kayu sebagai bahan utama bangunannya, dimana masjid ini telah berdiri sejak tahun 1930.

"Masjid ini didirikan sekitar tahun 1930, dimana awalnya menggunakan material kayu sebagai bahan utama bangunannya" Tutur Abdul Hamidung, Ketua Pengurus Masjid, Rabu (14/04/2021).

Masjid Jaami' Daarus Sa'aadah didirikan oleh K. H. Abdul manandung secara suka rela ataupun gotong royong bersama masyakarakat setempat.

"Pendirian masjid ini dipimpin oleh K. H. Abdul manandung bersama dengan masyarakat Tebing Tinggi secara gotong royong" tambah Hamidung.

Nama dari masjid ini sendiri memiliki makna sebagai tempat umat muslim berkumpul dan beribadah untuk kemudian mencari kesenangan dunia dan akhirat.

"Untuk Jaami' Daarus Sa'aadah sendiri memiliki arti tempat orang khususnya umat muslim berkumpul dan beribadah untuk kemudian mencari kesenangan dunia dan akhirat" Kata Hamidung. 

Khusus untuk bulan puasa di Masjid Jaami' Daarus Sa'aadah diadakan berbagai kegiatan-kegiatan keagamaan seperti berbagai pengajian, shalat tarawih, dan buka puasa bersama. 

"Di bulan puasa ini seperti biasanya selain kegiaatan rutin shalat 5 waktu juga diadakan ibadah lainnya seperti pengajian, tarawih dan buka puasa bersama, adapun untuk buka bersama takjilnya didapat dari sumbangan masyarakat sekita" Lanjut Hamidung.

Terakhir sebagai ketua pengurus Masjid Jaami' Daarus Sa'aadah Hamidung berharap agar masjidmasjid ini semakin makmur, terutama kemakmuran sebagai tempat untuk beribadah.(Sahri/TS)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved