Breaking News:

HPP Gabah Kering Giling Jeblok, Herman Deru Telepon Langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk Gabah Kering Giling (GKG) saat ini jeblok hingga ke kisaran Rp3.500-Rp3.900

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Welly Hadinata
IST
Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Menteri Pertanian Yasin Limpo 

Laporan wartawan Sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Harga Pembelian Pemerintah (HPP) untuk Gabah Kering Giling (GKG) saat ini jeblok hingga ke kisaran Rp3.500-Rp3.900.

Merespon kondisi HPP yang jauh dari ketentuan atau Rp5.300, Gubernur Sumsel, Herman Deru, menghubungi Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo untuk segera menindaklanjuti keluhan para petani di Sumsel.

“Saya sudah telepon Mentan, dan dia (Mentan) menunggu suratnya nanti.

Dia akan memastikan mengirim satgas penyetabilan harga. Kementan punya uang untuk membantu ini. Kalau satgas Sumsel juga sudah ada dan terus bertugas dalam penyerapan beras petani,” ujar Deru, Selasa (23/3/2021).

Menurut Deru, Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah kabupaten tidak memiliki wewenang untuk melakukan penyerapan beras secara langsung sehingga Bulog merupakan pihak yang seyogianya menyerap hasil produksi dari petani.

Tak hanya itu, Bulog pun berkewajiban menyalurkannya baik ke pasar maupun untuk kebutuhan-kebutuhan pemerintah.

“Saat saya menjadi Bupati OKU Timur, saya membuat kebijakan tidak panen serentak. Namun, kebijakan ini dikhususkan untuk daerah irigasi teknis, untuk daerah non irigasi masih sangat tergantung ke alam,” jelasnya.

Pada berbagai kesempatan rapat dengan dinas terkait, Deru menyebut kerap membahas persoalan beras dan kesejahteraan petani Sumsel. Upaya lain yang dilakukan pemprov dalam persoalan pangan yakni menargetkan untuk bisa melakukan impor beras.

"Kita sedang berjuang agar Sumsel bisa ekspor beras. Untuk ekspor, kita butuh infrastruktur.

Kenapa saya mengejar segara dibangun pelabuhan Tanjung Carat, karena kita punya komoditas unggulan seperti beras dan kopi untuk dapat kita ekspor melalui gerbang kita sendiri dan tidak menumpang daerah lain,” ujarnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved