Breaking News:

Virus Corona Varian B117 Terdekteksi di Palembang, Dinkes Lakukan Tracking 30 Kontak Erat

Tidak ada gejala yang spesifik dari varian baru ini. Jadi untuk mencegahnya tetap saja harus mengedepankan prokes dan PHBS

SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini. 

SRIPOKU.COM,  PALEMBANG - Dinas Kesehatan Sumsel bergerak cepat melakukan tracking atau penelusuran terhadap orang yang melakukan kontak erat, terhadap penderita Virus Corona B117 asal Palembang. 

Dinkes Sumsel melakukan pemeriksaan sebanyak 30 orang keluarga dan rekan kerja penderita B117 dilakukan pemeriksaan, Selasa (9/3/2021). 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan (Dinkes Sumsel), Ferry Yanuar menerangkan dari hasil pemeriksaan sementara dari orang yang melakukan kontak erat belum ada lagi ditemukan penderita Virus Corona B117.

Hanya saja, dari pemeriksaan tersebut terdapat keluarga pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

"Sekarang virus corona B117 kita baru warga Palembang saja. Sampel 30 orang kontak erat ini selanjutnya akan dikirimkan ke pusat," katanya. 

Menurut Ferry,  pasien B117 asal Palembang dinyatakan positif  Covid-19 pada 29 Desember 2020 lalu. Namun, setelah menjalani isolasi mandiri dan swab untuk kedua kalinya yang bersangkutan telah dinyatakan sembuh dan telah beraktivitas kembali seperti biasa. 

Lalu,  pada tanggal 11 Januari 2021 hasil swab yang bersangkutan dikirim ke Litbangkes secara acak dan dinyatakan Kemenkes terpapar varian baru bersama sampel dari daerah lainnya di Indonesia. 

Dikatakan, dilihat dari jejak rekam si pasien sebelum terpapar varian baru virus corona yang bersangkutan tidak melakukan perjalanan keluar ataupun menunjukkan keanehan lainnya. Pasien ini setelah diperiksa dinyatakan sama seperti penderita Covid-19 lainnya.

"Sebenarnya kalau kita lihat dari waktunya, kasus B117 di seluruh provinsi ini hampir sama pada akhir Desember," tegas Ferry. 

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel,  Lesty Nuraini menambahkan masyarakat Sumsel jangan terlalu khawatir dengan adanya varian baru virus corona tersebut.

Untuk mencegah penularan virus, Dinkes Sumsel mengimbau agar  masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik dan menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sebab, varian baru ini sama saja dengan Covid-19.

"Tidak ada gejala yang spesifik dari varian baru ini. Jadi untuk mencegahnya tetap saja harus mengedepankan prokes dan PHBS," ungkapnya.  (Oca) 

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved