Breaking News:

Mutasi Virus Corona B117 Terdeteksi di Sumsel, Gubernur Imbau Masyarakat Patuhi 3M

Hal terpenting yang mesti disadari masyarakat yakni pandemi ini masih berlangsung dan prokes secara individu maupun kelompok harus tetap patuhi.

Penulis: Jati Purwanti | Editor: Azwir Ahmad

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Mutasi Virus Corona B117 terdeteksi di Sumsel sejak Desember 2020. Temuan tersebut,dilaporkan Departemen Kesehatan Pusat bahwa ada satu sampel dari pasien covid-19 d Palembang di deteksi merupakan virus corona varian B117.

Atas informasi tersebut Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, menjelaskan bahwa memang sejak awal pandemi telah disebutkan jika virus corona memiliki varian sebanyak 300 jenis dan bisa bermutasi.

"Dan cara untuk menghadapi mutasi baru ini adalah dengan patuhi 3M dan imunisasi," ujarnya, Selasa (9/3/2021).

Informasi dari Dinkes Sumsel, pasien yang terinfeksi virus korona mutasi baru ini telah sembuh pada 11 Januari 2021. Ketika dalam status positif, dia tidak menunjukan atau  mengalami gejala berarti.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini, mengatakan, pemerintah telah melakukan upaya sosialisasi yang lebih masif agar masyarakat lebih waspada dengan adanya mutasi virus corona ini.

Masyarakat juga diimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebab varian ini tidak memiliki gejala yang spesifik.

"Mutasi ini sempat ditemukan satu di Sumsel dalam pelaksanaan pemeriksaan rutin oleh Litbangkes. Jadi, sampel diambil secara random dan tidak menunjukkan gejala yang khusus," katanya.

Dia menambahkan, mutasi virus ini pun tidak perlu dihebohkan sebab pasien yang sempat terinfeksi pun tak mengalami gejala spesifik dan tak lama setelahnya dinyatakan sembuh.

Hal terpenting yang mesti disadari masyarakat yakni pandemi ini masih berlangsung dan protokol kesehatan secara individu maupun kelompok harus tetap patuhi.

Baca juga: Benarkan Ada Pasien Terpapar Mutasi Virus Corona B117, Dinkes Sumsel Akan Diperiksa Ulang

Baca juga: Virus Corona Varian B117 Terdekteksi di Palembang, Dinkes Lakukan Tracking 30 Kontak Erat

Baca juga: Varian Baru Virus Corona B117, Prof Yuwono : Jangan Takut Berlebihan, Ada Kabar Gembira Vaksinasi

"Supaya pandemi segera berakhir masyarakat harus patuh seiring menggencarkan vaksinasi supaya capaian vaksinasi 70 persen. Tujuannya supaya terjadi tercipta kekebalan kelompok (herd Immunity," jelas Lesty.(mg3)

Sumber: Sriwijaya Post
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved