Breaking News:

Jangan Sampai Kejadian Hilangnya Cinde Terulang Kembali

Saat ini SCB memiliki anggota aktif sebanyak 12 orang, akan terus mengadakan bincang diskusi serta menelusuri lokasi bersejarah lainnya di Palembang

Jangan Sampai Kejadian Hilangnya Cinde Terulang Kembali
maya citra rosa
PENELUSUR -- Robby Sunata, Penelusur Sejarah dan Koordinator Sahabat Cagar Budaya Palembang. (SRIPOKU.COM/MAYA CITRA ROSA)

SRIPOKU.COM, PALEMBANG- Berawal keprihatinan atas hilangnya cagar budaya Pasar Cinde di Palembang, Robby Sunata akhirnya membuat komunitas yang fokus mengajak masyarakat di Palembang untuk peduli terhadap sejarah dan budaya.

Robby Sunata membentuk Komunitas Sahabat Cagar Budaya Palembang dengan beranggotakan hanya lima orang saja pada tahun 2017 lalu.

Dia tidak ingin ada lagi cagar budaya yang dimiliki oleh Kota Palembang hilang atau diruntuhkan seperti Pasar Cinde.

"Ini karena kecintaan saya kepada Kota Palembang, pengabdian kepada kota tercinta," katanya.

Salah satu caranya adalah menanamkan kecintaan akan sejarah dan budaya kepada masyarakat sehingga masyarakat paham bahwa cagar budaya adalah warisan bagi generasi selanjutnya.

"Kita mulai dari masyarakat karena jika mereka mengerti tentang sejarah, maka mereka punya kekuatan untuk menolak segala jenis penghilangan cagar budaya," jelasnya.

Sahabat Cagar Budaya (SCB) dimulai awalnya dari diskusi yang dilakukan bersama para pakar sejarah, arkeolog dan penelusur sejarah yang ada di Palembang.

"Awalnya kita diskusi dan bincang santai itu di cafe-cafe, kita ajak teman-teman dan ahli sejarah untuk menjelaskan topik tertentu," terangnya.

Namun tidak hanya sebatas diskusi, Robby juga mengajak para anggota dan siapa saja yang mau ikut untuk mendatangi langsung tempat-tempat bersejarah yang ada di Palembang.

Menurutnya, orang Palembang biasanya tidak puas hanya membahas sejarah dengan mendengarkan, melainkan harus mendengarkan dan melihat langsung tempat bersejarah tersebut.

Halaman
123
Penulis: maya citra rosa
Editor: aminuddin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved