Breaking News:

News Video Sripo

Video Gubernur Sumsel Resmikan PLTS Tanjung Raja dan Obyek Wisata Tambang Tanjung Enim

Dalam rangka memperingati HUT puncak PTBA ke-40, Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Dirut PTBA Arviyan Arifin meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Sury

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM,---Dalam rangka memperingati HUT puncak PTBA ke-40, Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Dirut PTBA Arviyan Arifin meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Tanjung Raja dan Obyek Wisata Tambang Tanjung Enim, Selasa (2/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri Plh Bupati Muara Enim Dr. H Nasrun Umar para pejabat Muspida dan Muspika Provinsi Sumsel, Kabupaten Muara Enim dan para direksi PTBA serta tamu undangan.
Gubernur Sumsel H Herman Deru, sangat mengapresiasi atas ide masyarakat Desa Tanjung Raja ini untuk meningkatkan hasil pertaniannya dengan memanfaatkan pompa air yang digerakkan oleh PLTS sebagai tenaga listriknya yang memakan biaya sangat murah bila dibandingkan dengan membangun bendungan untuk mengaliri irigasi persawahan. Begitupun kepada PTBA, pihaknya sangat berterimakasih karena telah menangkap aspirasi masyarakat dengan mewujudkannya dengan membangun PLTS ini.
Dan mudah-mudahan kedepan, lanjut Herman Deru, proyek PLTS ini, akan bermanfaat dan bisa meningkatkan produksi pertanian dibisa menjadikan Sumsel sebagai lumbung pangan di Indonesia. Dan kedepan, proyek PLTS di Desa Tanjung Raja ini yang memompa air sungai ini akan bisa menjadi pilot project pertanian yang daerahnya susah air irigasi.
"Jadi jika tidak ada sungai, bisa juga menggunakan pompa sumur untuk irigasi. Jadi ini solusi bagi sawah yang kekurangan air," jelasnya.
Plh Bupati Muara Enim H Nasrun Umar mengatakan bahwa PTBA sebagai salah satu perusahaan tambang kelas dunia, tentu diharapkan dapat bertransformasi menjadi perusahaan disegani di dunia yang terus berbakti dan memberikan berkontribusi secara optimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan juga menjaga ketahanan serta kemandirian energi Nasional.
"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada PTBA beserta seluruh jararan karyawan atas peringatan hari jadi perusahaan yang ke-40," ucapnya.

Selain itu, Nasrun, mengucapkan terimakasih kepada PTBA yang telah memberikan bantuan CSR berupa pompa irigasi tenaga surya yang berada di Desa Tanjung Raja. Sebab hal tersebut merupakan harapan masyarakat Kabupaten Muara Enim dalam menunjang peningkatan hasil panen kedepan. Setidaknya terdapat 63 hektar lahan yang nantinya akan dialiri air dari pompa irigasi tersebut dengan perkiraan hasil panen 3 kali setahun mencapai 567 ton. Padahal sebelum adanya bantuan ini, panen hanya dapat dilakukan 1 kali pertahun dengan hasil sekitar 189 ton.

"Semoga sinergitas yang berkesinambungan antara Pemkab. Muara Enim dengan PTBA dapat lebih ditingkatkan lagi demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sejahtera," pungkasnya.
Sementara itu Dirut PTBA Arvyan Arifin, proyek Bantuan Pompa Irigasi Tenaga Surya (PLTS) di Desa Tanjung Raja, adalah Pompa jenis Submersible yang memiliki kemampuan dapat menyedot air yang mengandung lumpur.
Kapasitas pompa adalah 50 lps (liter per second) atau 50 liter/detik dengan head mencapai 30 meter. Adapun bantuan tersebut terdiri dari satu unit pompa submersible, satu unit inverter, satu unit bak intake berukuran 1,5 x 3 meter dengan kedalaman empat meter.

Pompa irigasi berdaya 11 kW ini disokong listriknya oleh PLTS berkapasitas 18,7 kW yang
menggunakan 140 keping panel surya. Lahan yang akan dialiri seluas 63 hektar dengan perkiraan
hasil panen tiga kali setahun mencapai 567 ton. Dimana sebelum adanya bantuan ini, panen hanya dapat dilakukan 1 kali per tahun dengan hasil sekitar 189 ton.

Program PLTS ini,lanjut Arviyan, merupakan salah satu dari sederet rangkaian ekspansi PTBA di proyek energi baru dan terbarukan yang terus dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya PTBA juga telah merampungkan beberapa proyek PLTS yang signifikan, antara lain; PLTS di Bandara Soekarno Hatta bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II, PLTS Irigasi Pesawaran, PLTS Irigasi Talawi, dan PLTS untuk Yayasan Az-Zawiyah di Kabupaten Ogan Ilir.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved