Breaking News:

Berita Palembang

APA Itu Kerajinan Tali Meiwa, Disulap Jadi Sangkek, Tetap Eksis di Lorong Lama Plaju Palembang

lokasi sentra pengrajin tali Meiwa yang sudah menghasilkan ribuan Sangkek dari hasil anyaman tali Meiwa di Kota Palembang

Sripoku.com/Rahmaliyah
Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda saat melakukan kunjungan ke sentra pengrajin Tali Meiwa, di Lorong Lama, Plaju Palembang, Senin (1/3/2021) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Gulungan tali Meiwa terhampar di depan teras rumah Warga Lorong Lama, Plaju, Senin (1/3/2021).

Ya ini merupakan lokasi sentra pengrajin tali Meiwa yang sudah menghasilkan ribuan Sangkek dari hasil anyaman tali Meiwa di Kota Palembang. 

Lokasinya persis berada di pinggir perairan sungai Musi. Mereka mayoritas adalah para ibu rumah tangga, yang mengisi keseharian mereka untuk mencari penghasilan melalui kecakapan gerakan tangan dalam menganyam tali Meiwa. 

Produk yang dihasilkan bukan hanya Sangkek sebagai tempat untuk meletakkan bahan belanjaan, tapi juga ada tikar, Sangkek bawang dan masih banyak lagi. 

Yus, salah seorang pengrajin tali Meiwa mengatakan, rutinitas menganyam tali Meiwa sudah dilakukan lebih dari 10 tahun lalu dan secara turun menurun.

Awal mulanya, ia diajarkan oleh warga bernama Ela yang menjadi pionir anyaman tali Meiwa di kawasan itu. 

"Belajar dulu dengan Yuk Ela tapi sekarang beliau sudah meninggal. Setelah bisa mulai menganyam sangkek sendiri untuk dijual lagi ke Pasar Plaju oleh Bapak (suami). Terkadang anak juga ikut bantu jualan," ujarnya. 

Untuk menyelesaikan satu Sangkek berukuran sedang, Yus hanya membutuhkan waktu 30-40 menit. Dalam sehari, sembari menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga ia mampu menganyam lima Sangkek.

"Kalau saat membuatnya tidak ada kendala, hanya saat sudah selesai menganyam ketika malam hari suka keram tangan," ujarnya. 

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved