Breaking News:

Lagi Tak Bisa Puasa Rajab Karena Berhalangan, Ini Amalan Bulan Rajab Lainnya Agar Dapat Keutamaan

Jangan khawatir bagi yang ingin Puasa Rajab tetapi berhalangan puasa, berikut sejumlah amalan bulan Rajab, yang dianjurkan ulama.

Istimewa
Ilustrasi berdoa pada Bulan Rajab 

SRIPOKU.COM -- Jangan khawatir bagi yang ingin Puasa Rajab tetapi berhalangan puasa, berikut sejumlah amalan bulan Rajab, yang dianjurkan ulama.

Seperti diketahui, Bulan Rajab 1442 Hijriyah jatuh pada 13 Februari 2021 (1 Rajab 1442 H) sampai 14 Maret 2021 (30 Rajab 1442 H).

Bulan Rajab adalah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan dalam Islam, di antaranya Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, Rajab.

Menurut Ustad Abdul Somad dalam ceramahnya yang diunggah di Youtube, menyampaikan untuk itu umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan, serta memberi perlakuan beda pada bulan Haram.

Amalan yang dianjurkan adalah puasa, sholat sunnah, membaca Alquran, dzikir dan shodaqoh.

"Level tertinggi puasa, kalau puasa tak sanggup shalat shalat sunnah, jika tak sanggup, perbanyak baca alquran, baca alquran tak sanggup dzikir, atau perbanyak shodaqoh," jelas UAS di YouTube berjudul 'Isi Bulan Rajab dengan Puasa Sholat Sunnah, Baca Al-Quran dan Berdzikir'.

Almarhum Syekh Ali Jaber dalam ceramahnya juga pernah menyampaikan bahwa dianjurkan memperbanyak amalan di bulan Rajab dan Sya'ban.

Hal ini karena bisa saja umur kita tidak sampai di Bulan Ramadhan.

"Mari kita sama sama menikamati 2 bulan Rajab dan Sya'ban, dan kemudian menyambut bulan Suci Ramadhan. Mari sama-sama menikmati Rajab dan Syaban yang penuh berkat dan rahmat dari Allah swt, mempersiapkan jiwa kita hati kita, agar kita mampu menyambut Ramadhan dengan penuh keyakinan, taqwa iman dan beramal shalih. Jangan menunggu, Ramadhan akan datang atau kita menunggu menyambut Ramdhan, karena belum tentu kita punya umur sampai Ramadhan," jelas almarhum Syekh Ali Jaber.

Dzikir Bulan Rajab

Halaman
1234
Editor: adi kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved