Breaking News:

Persiapan Pembangunan Underpass Simpang Charitas, BBPJN V Palembang Pasang 2 Titik Bor Soil Test

Rencana pembangunan underpass Simpang Charitas Palembang mendekai kenyataan. Dengan adanya tahap uji tanah (soil test) di ruas jalan Jenderal Sudirman

Handout
Lokasi bor soil test underpass Charitas di Jalan Jenderal Sudirman Palembang, Selasa (16/2/2021). 

 SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Wacana pembangunan underpass Simpang Charitas Palembang kemungkinan besar segera terealisasi.

Hal tersebut terlihat dengan pelaksanaan pengukuran struktur tanah atau uji soil test yang dilakukan oleh Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang di titik lokasi underpass. 

Dari pantauan di lapangan,  Selasa (16/2/2021), ada dua titik di ruas jalan Jenderal Sudirman terlihat taing penyanggah bor yang  ditutupi pembatas seng.

Satu titik tepat di tengah-tengah Simpang Charitas Palembang dan satu lagi atau hanya berjarak sekitar 100 meter berada di trotoar penyeberangan kantor Bank BNI Palembang Jalan Jenderal Sudirman. Sejak beberapa hari terakhir petugas tampak sibuk bekerja di lokasi tersebut. 

Kepala BBPJN V Palembang, Syaiful Anwar menjelaskan soil test dilakukan untuk melihat kondisi struktur tanah yang bakal direncanakan untuk pembangunan underpass.

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah pada setiap lapisan serta mengetahui ke dalaman lapisan pendukung yaitu lapisan tanah keras. 

"Sudah sejak tiga hari kita lakukan soil test. Soil tes digunakan untuk melihat kondisi struktur tanah keras dalam rangka design pembangunan Underpass Charitas Palembang," ujarnya. 

Selain dua lokasi di simpang Charitas dan depan Kantor Kanwil BNI Palembang, dalam waktu dekat akan ada enam titik lainnya yang bakal dipasang alat bor lainnya untuk dilakukan soil test di sepanjang Jalan Sudirman Palembang. Sehingga dengan demikian akan ada total delapan titik bor soil test untuk underpass simpang Charitas. 

" Proses soil test ini akan dilakukan selama 20 hari. Total ada delapan titik yang akan dipasang alat bor soil test," terang Syaiful. 

Sebelumnya ia mengungkapkan, selain flyover Simpang Sekip Palembang, nantinya akan ada pembangunan underpass tidak jauh dari kawasan tersebut. Tujuannya untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di kota Palembang. 

"Pengendara dari arah Pusri nanti ada underpass, jadi setelah pengendara melalui underpass biasanya akan kena macet di Simpang Sekip.  Nah,  kemacetan yang dialami kendaraan setelah keluar dari underpass akan terurai dengan flyover Simpang Sekip," ungkapnya. (Oca) 

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved