Breaking News:

Berita Palembang

Wajar Saja Tiap Tahun Palembang Banjir, Puluhan Anak Sungai sudah Berubah Jadi Daratan

Anak sungai ini mengalami sedimentasi atau pendangkalan cukup lama. Terhitung sejak 15 tahun lalu anak Sungai Borang ini tak pernah dikeruk.

SRIPOKU.COM / Odi Aria
Satu unit mobil ekskavator tengah sibuk melakukan pengerukan rawa di kawasan Purwosari Kecamatan Kalidoni, Palembang, Rabu (10/1). Rawa ini merupakan anak Sungai Borang yang sudah 15 tahun alami pendangkalan. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Satu unit mobil ekskavator tengah sibuk melakukan pengerukan rawa di kawasan Purwosari Kecamatan Kalidoni, Palembang, Rabu (10/1/2021).

Dengan teratur operator mengerakan ekskavator mengeruk sisi kanan dan kiri rawa yang memiliki lebar sekitar lima meter tersebut.

Pengerukan yang dilakukan ternyata bukan rawa biasa, namun pengerjaan itu merupakan normalisasi anak Sungai Borang yang berada di kawasan Purwosari.

Anak sungai ini mengalami sedimentasi atau pendangkalan cukup lama.
Terhitung sejak 15 tahun lalu anak Sungai Borang ini tak pernah dikeruk.

Bahkan, lahan yang semula merupakan aliran ke Sungai Borang itu dapat dilalui dengan menggunakan jalan kaki sudah lama mengeras.

Normalisasi anak sungai ini diinisiasi oleh Dinas PUPR Palembang bersama Komunitas Peduli Sungai dan Lingkungan Palembang.

Pengerukan yang dilakukan merupakan upaya untuk mengembalikan fungsi DAS sebagai daerah resapan untuk meminimalisir terjadinya banjir di Palembang.

Sedimentasi yang sudah terjadi puluhan tahun di DAS Borang tersebut bukan satu-satunya yang terjadi di kota pempek.

Dari data Komunitas Peduli Sungai dan Lingkungan Palembang yang merupakan organisasi independen, sudah ada puluhan anak sungai di Palembang yang tertimbun dan menghilang keberadaannya sejak beberapa tahun lalu.

Halaman
1234
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved