Breaking News:

Cara Mengurus Sertifikat Tanah Menjadi Elektronik, 2 Syarat Berikut Ini Yang Harus Dipenuhi

tata cara daftar dan ganti sertifikat tanah elektronik hingga syarat yang harus dipenuhi untuk mengurus sertifikat tanah menjadi elektronik.

YouTube.com
Ilustrasi Sertifikat Tanah 

SRIPOKU.COM -- Sertifikat tanah yang selama ini berbentuk fisik, akan ditarik untuk digantikan sertifikat elektronik atau sertifikat-el.

Oleh karena itu mungkin kini masih banyak yang bingung soal aturan Pemerintah yang menerbitkan Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertifikat Elektronik.

Simak disela-sela berita ini tata cara daftar dan ganti sertifikat tanah elektronik hingga syarat yang harus dipenuhi untuk mengurus sertifikat tanah menjadi elektronik.

Dikutip dari Kompas 'tata cara daftar dan ganti sertifikat tanah elektronik', terdapat dua cara penerbitan sertifikat tanah elektronik yang tercantum dalam pasal 6 regulasi ini.

Ini ulasan selengkapnya, cara daftar dan ganti sertifikat tanah elektronik.

Geger Air Banjir di Pekalongan Berwarna Merah, Warga Duga Gara-gara Ini

Muncul Pria Misterius Ikut di Mobil Ayu Ting Ting Saat Terjaring Razia di Bogor Pasca Batal Nikah

Pertama, penerbitan Sertifikat-el untuk pertama kali dilakukan melalui pendaftaran tanah pertama kali untuk tanah yang belum terdaftar.

Kedua, penerbitan juga bisa dilakukan melalui penggantian sertifikat menjadi sertifikat-el untuk tanah yang sudah terdaftar.

Hal ini juga ditegaskan oleh Direktur Pengaturan Pendaftaran Tanah dan Ruang Direktorat Jenderal Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah, Dwi Purnama.

"Untuk penerbitan sertifikat elektronik nantinya dapat dilaksanakan melalui pendaftaran tanah pertama kali untuk tanah yang belum terdaftar, dan penggantian sertifikat analog menjadi sertifikat elektronik untuk tanah yang sudah terdaftar seperti secara suka rela datang ke kantor pertanahan atau jual beli dan sebagainya," jelas Dwi Purnama dalam keterangannya, dikutip Kamis (4/2/2021).

Dalam hal penyelenggaraannya, Dwi Purnama menyatakan nantinya Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2021 tentang Sertifikat Elektronik dan PMNA No 3 Tahun 1997 akan berlaku secara berdampingan dalam penyelenggaraan pendaftaran tanah.

Halaman
1234
Editor: adi kurniawan
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved