Agrowisata Pulau Kemaro Salah Satu Sebab Kios Dagangan di Jalan Mayor Zen Dibongkar Sat Pol PP

Pembongkaran kios atau lapak liar di sepanjang Jalan Mayor Zen, Kecamatan Kalidoni membuat sebagian pedagang bertanya penyebabnya.

Penulis: maya citra rosa | Editor: Refly Permana
SRIPOKU.COM / Maya Citra Rosa
Satpol PP Kota Palembang membongkar lapak di sepanjang jalan Mayor Zen Kelurahan Sungai Selayur, Kecamatan Kalidoni akan dibongkar pagi ini, Senin (1/2/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pembongkaran kios atau lapak liar di sepanjang Jalan Mayor Zen, Kecamatan Kalidoni membuat sebagian pedagang bertanya penyebabnya.

Pasalnya, pemerintah mengirimkan hingga surat peringatan ketiga untuk meminta sejumlah pedagang yang membuka kios di area depan PT Pusri.

Salah satu pedagang, Siti Handayani, mengatakan bahwa ini sudah tahun keduanya berjualan membuka warung kopi.

Baca juga: Nomor WhatsApp Ikut Kelas Yoga Ibu Hamil Gratis di RSUD Talang Ubi PALI, Kelas tak Buka Setiap Hari

Awalnya, lapaknya tersebut dibuka sebagai tempat pembinaan catur se Kecamatan Kalidoni, juga beberapa kali pernah mendapatkan CSR dari PT Pusri.

Karena sering terjadinya kemacetan, akhirnya lapaknya dan beberapa milik pedagang lain diminta untuk mundur di belakang pohon.

Siti Handayani mengikuti arahan dan membangun rapi lapaknya di belakang pohon, namun dia masih menerima surat peringatan ketiga.

"Makanya kami bingung dengan pembongkaran ini, kalo begini namanya matikan rezeki orang, apalagi sekarang lagi pandemi," ujarnya.

Baca juga: Gara-gara Bawa Selingkuhan ke Rumah, Seorang Suami Justru Bakar Istri, Ini Kronologinya

Siti hanya meminta solusi dari pemerintah, bukan hanya membongkar lapak, namun juga memberikan jalan agar para pedagang tetap mendapatkan penghasilan.

Dia mengaku tidak pernah dimintai iuran, dan mengikuti arahan untuk berjualan sejajar dengan atau di belakang pohon.

Namun ternyata banyak pedagang yang melanggar, sehingga dia juga ikut terkena imbas penggusuran.

"Katanya kami boleh jualan tapi di belakang pohon, ternyata banyak pedagang yang melanggar, jadi kami yang tidak melanggar juga ikut kena imbasnya," ujarnya.

Menurut Kasie Pemberdayaan Umum Kecamatan Kalidoni, Miriansyah, selama ini pedagang liar yang ada di kawasan Jalan Mayor Zen ini seringkali mengganggu lalu lintas.

Baca juga: Agus Harimurti Yudhoyono : “Ada Upaya Kudeta Partai Demokrat Dari Kekuasaan”

Sedangkan proses pembongkaran yang dilakukan Satpol PP Kota Palembang sudah melalui surat pemberitahuan dari satu hingga ketiga kalinya, untuk membongkar lapak secara mandiri.

"Tapi di lapangan masih ada sebagian yang tidak mau membongkar, akhirnya kita bongkar dengan terpaksa," ujarnya.

Selain itu, pembongkaran di area jalan ini karena akan dibukanya akses menuju destinasi wisata yang sedang digaeap pemerintah, yaitu Agrowisata Pulau Kemaro.

"Kita tahu nantinya jalan ini untuk akses menuju Agrowisata Pulau Kemaro, sehingga adanya pembongkaran kios liar di sepanjang jalan ini," ujarnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved