Breaking News:

Bacaan dan Niat Sholat Jumat dengan Bahasa Arab dan Latin, Ini Syarat Wajib dan Sunnahnya

Seperti diketahui, dalam Islam tidak diperbolehkan bagi seorang muslim mukallaf meninggalkan Salat Jumat tanpa adanya uzur syar’i.

Dok. Humas Pemprov Sumsel
Ilustrasi sholat Jumat. 

SRIPOKU.COM -- Di hari Jumat, setiap lelaki yang beraga Islam diwajibkan untuk melaksanakan sholat berjemaah di masjid.

Sebagai pengganti sholat zuhur, ibadah sholat Jumat didahului dengan khotbah dan setelahnya dilanjutkan sholat dua rakaat.

Sholat jumat sendiri merupakan ibadah wajib di hari Jumat dan kedudukannya berbeda dari sholat zuhur yang dipahami sebagian manusia.

Seperti diketahui, dalam Islam tidak diperbolehkan bagi seorang muslim mukallaf meninggalkan Salat Jumat tanpa adanya uzur syar’i.

Hukum melaksanakan shalat Jumat juga wajib bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal, sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits.

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui," (Al Jumu'ah 62:9).

Warga Griya Bangun Sejahtera Kota Pagaralam saat kembali melaksanakan Solat Jumat setelah Pemkot Pagaralam melonggarkan aturan solat berjamaah, Jumat (29/5/2020)
Warga Griya Bangun Sejahtera Kota Pagaralam saat kembali melaksanakan Solat Jumat setelah Pemkot Pagaralam melonggarkan aturan solat berjamaah, Jumat (29/5/2020) (SRIPOKU.COM / Wawan Septiawan)

===

Niat Sholat Jumat

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Halaman
1234
Penulis: Ahmad Sadam Husen
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved