Breaking News:

Hoiriah Bingung Mau Cairkan BLT UMKM, Ternyata NIK Terdaftar Nama Penerima Lain

Data usulan penerima bantuan UMKM berasal dari kelurahan, kecamatan dan asosiasi UMKM atau datang langsung ke kantor Dinas Koperasi dan UMKM

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Azwir Ahmad
sripoku.com/rahmalia
Hoiriah, Warga Bukit Baru, Ilir Barat I, Palembang saat menunjukkan bukti eform penerima BPUM 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Bantuan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Palembang mulai diproses penyalurannya awal tahun 2021 ini.

Namun, sejumlah permasalahan mencuat dalam proses pencairan. Salah satunya dialami Hoiriah, Warga Bukit Baru, Ilir Barat I, Palembang.

Semula dia mengaku gembira ketika mengecek Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdaftar sebagai penerima BPUM di laman eform.bri.co.id. 

Namun, ketika dia melanjutkan ke BRI untuk pencairan bantuan tersebut, ternyata tak bisa dilakukan. Karena NIK yang terdaftar justru data penerima yang berbeda. 

"Dalam eform NIK saya terdaftar, tapi atas nama orang lain yakni Siti Hasanah Jalan Sukakarya RT 4. Saya coba telepon nomor yang bersangkutan ternyata dia juga menerima. Ini yang buat saya bingung. Karena saya tidak bisa melakukan pencairan bantuan," ujarnya, Kamis (7/1/2021). 

Hoiriah mengaku, dia sangat berharap pencairan bantuan ini bisa diproses cepat. Karena sebagai pelaku UMKM sejak pandemi terjadi merasakan dampaknya. Usahanya sepi sementara pemasukan tak seberapa. "Berharap dari bantuan ini untuk penyambung kebutuhan sehari-hari," katanya. 

Sementara itu, Juanaria, Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang mengatakan, data usulan penerima bantuan UMKM berasal dari pihak kelurahan, kecamatan dan asosiasi UMKM atau datang langsung ke kantor.

"Kita hanya menerima usulan tersebut untuk kemudian diajukan ke Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi. Kemungkinan dalam kasus yang bersangkutan ada kesalahan input atau human error. Untuk itu silakan datang ke kantor untuk perbaikan data, kemudian diusulkan kembali ke Provinsi," katanya. 

Sejak Desember 2020, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang mengusulkan hampir 100 ribu pelaku UMKM ke pusat. 

Baca juga: BLT UMKM Rp 2,4 Juta Tak Bisa Dicairkan, Berikut Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Baca juga: Cara Daftar Bantuan Banpres BLT UMKM Rp 2,4 Pakai KTP di Link Eform BRI Login eform.bro.co.id/bpum

Baca juga: Pengajuan BLT UMKM Rp 2,4 Juta Ditolak, Ternyata Ini Peyebabnya

"Persetujuannya tergantung dari pusat, ketika memenuhi syarat mereka akan dapat pemberitahuan SMS blast dan terdaftar di eform BRI. Daerah sifatnya mengusulkan sebanyak mungkin, tapi tetap pusat yang menentukan. Tahun 2020 untuk kota Palembang dapat 12.202 penerima BPUM," katanya. (Cr26)

Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved