Breaking News:

Luar Negeri

Sekretaris Umum FPI Munarman “Bukan Urusan Saya”, Kunjungan Staf Kedubes Jerman ke Markas FPI

Kunjungan seorang Staf Kedubes Jerman ke Markas FPI, berbuntut karena Kementerian Luar Negeri RI melakukan protes.

Editor: Sutrisman Dinah
istimewa/fpi
Staf diplomatik Kedubes Jerman mendatangi markas FPI 

SRIPOKU.COM --- Pengurus organisasi Front Pembela Islam (FPI) memberikan reaksi atas kunjungan staf Kedutaan Besar Jerman. Foto kunjungan staf diplomat ke Markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, menjadi perhatian banyak.

Kunjungan yang dilakukan perwakilan asing ke Markas FPI ini, mendapat berbagai reaksi, bahkan Kedutaan Besar Jerman dipanggil khusus oleh Kementerian Luar Negeri RI terkait kunjungan tersebut. Apalagi situasi “panas” hubungan FPI dengan Polri.

Kedutaan Besar Jerman memberikan klarifikasi terkait kunjungan yang menyampaikan ungkapan simpati dan empati atas meninggalnya enam pengawal rombongan pimpinan FPI Muhammad Rizieq Shihab.

"Semua dibantah kalau sama mereka. Terserah mereka, deh. Mereka mau putar balikkan dunia, terserah mereka," kata Sekretaris Umum FPI Munarman, kepada wartawan di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Pasca Kunjungi FPI Jeman Tarik Pulang Staf Kedubesnya, Kemenlu RI: Bukan kebijakan Pemerintah Jerman

Baca juga: Menteri Kesehatan Inggris Sebut Mutasi Covid-19Lebih Cepat Tersebar, Inggris Kembali Lockdown

Munarman menyatakan sudah tak lagi peduli, baik terhadap Kedubes Jerman, maupun pemerintah terkait kunjungan staf tersebut.

"Yang penting kita menyampaikan fakta yang ada pada kita. Mereka memberi simpati, menyampaikan belasungkawa," tambahnya.

Munarman pun tidak peduli, apakah stat perwakilan luar negeri itu dipulangkan persona non grata, ke negerinya akibat kunjjungan tersebut.

"Itu kan urusan diplomatik, urusan lain itu. Bukan urusan saya," kata Munarman.

Sebelumnya, Kedubes Jerman harus mengklarifikasi kedatangan seorang stafnya ke Markas FPI, sehari menjelangan Aksi-1812 yang digelar Jumat (18/12/2020) lalu. Kemudian, aksi unjukrasa yang tak berizin ini dibubarkan aparat kepolisian.

 Dalam keterangan tertulis dari Kedubes Jerman, pihaknya menyatakan penyesalan atas kesan yang ditimbulkan dari kunjungan staf itu.

"Kedutaan Besar Jerman menyesali kesan yang telah ditimbulkan peristiwa ini di mata publik serta mitra-mitra Indonesia kami. Kami menegaskan bahwa tidak ada tujuan politis apa pun di balik kunjungan tersebut," demikian dilaporkan Tribunnews.com mengutip keterangan tertulis Kedubes Jerman yang dilansir dari situs Deutsche Welle, Senin (21/12/2020).

Kedubes Jerman menyatakan, mereka senantiasa menjalin komunikasi dengan otoritas Indonesia.

Mereka memberikan klarifikasi yang dapat dipahami pihak Indonesia. "Kami tetap teguh berada di sisi mitra-mitra Indonesia kami," demikian keterangan tertulis tersebut.

Adapun, pada Minggu (20/12/2020), Kemenlu telah memanggil Kepala Perwakilan Kedutaan Jerman di Jakarta untuk meminta klarifikasi dan menyampaikan protes atas kegiatan Staf Kedutaan Jerman di Jakarta yang mendatangi Markas FPI.

Halaman
12
Sumber:
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved