Breaking News:

Habib Rizieq Ditahan

Habib Rizieq Ditahan di Rumah Tahanan Narkoba Polda Metro Selama 20 Hari

Usai menjalani pemeriksaan 14 jam sebagai tersangkan, Habib Rizieq langsung ditahan. Penahanan 20 hari itu untuk memudahkan pemeriksaan selanjutnya.

Editor: Sutrisman Dinah

SRIPOKU.COM --- Penyidik Polda Metro Jaya langsung menahan pemimpin organisasi islam FPI Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq (55), Minggu (13/12) lewat tengah malam. Habib Rizieq keluar ruang pemeriksaan mengenakan rompi oranye, bertuliskan tahanan dan dengan tangan terikat cable ties. 

Habib Rizieq dikenakan status tahana untuk 20 hari ke depan. Kepala Divisi Humas Polda Metro Jaya Irjen Pol Argo Yuwono, penanahan dilakukan untuk memudahkan pemeriksaan selanjutnya.

Tersangka Habib Rizieq ditahan untuk kepentingan penyidikan kasus kerumunan pada acara pernikahan puterinya  Syarifah Najwa Shihab, pada 14 November lalu yang dihadiri ribuan orang.

Kemudian Habib Rizieq juga terkait dengan acara kerumunan di kawasan Tebet, Jakarta Timur, sehari setelah ia kembali ke Tanah Air pada tanggal 10 November. Ketika itu, Habib disambut gegap-gempita pendukungnya di Terminal-3 Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng.

Baca juga: Habib Rizieq akan Datang Ke Polda Metro Jaya, Pendukung Cukup Doakan dari Rumah

Baca juga: Habib Rizieq Jalani Tes Covid-19 di Polda Metro, Disaksikan MER-C dan Penasihat Hukum

Baca juga: Habib Rizieq Shihab Tersangka Tim Kuasa Hukum: Sudah Siap untuk Ditahan. Kita Kooperatif

Selain acara tersangkut acara kerumunan di Jakarta, Habib Rizieq juga dipanggil penyidik Polda Jawa Barat terkait acara di Pesantren di Megamendung, Puncak Bogor, Jawa Barat. Ribuan massa menyambut Habib Rizieq di kawasan jalan menuju Puncak.

Usai pemeriksaan sekitar 14 jam, Habib Rizieq akan ditahan sebagai tersangka selama di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya.

"Selama 20 hari ke depan terhitung 12 Desember 2020 hingga 31 Desember 2020," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono di hadapan wartawan, Minggu (13/12) dini hari. Dikatakan, Habib Rizieq akan "diinapkan" di Rutan Polda Metro Jaya.

Argo menegaskan, Habib Rizieq akan diperlakukan dengan humanis sepanjang pemeriksaan. Penyidik, kata dia, menyampaikan sedikitnya 84 pertanyaan kepada Rizieq Shihab. 

Sebelumnya, Rizieq telah ditetapkan sebagai tersangka kerumunan di Petamburan, Jakarta yang mengabaikan protokol kesehatan. Rizieq lalu ditetapkan sebagai tersangka bersama lima orang lainnya. Habib Rizieq sempat mangkir dua kali pemanggilan pemeriksaan dari kepolisian.

Kemudian, Sabtu (12/12/2020) sekitar pukul 10.30, Habib Rizieq datang menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya. Ketika itu, ia didampingi Sekretaris Umum DPP FPI Munarman dan sekaligus pengacaranya. Munarman mendampingi Habib Rizieq selama pemeriksaan, bersama pengacara Aziz Yanuar.

Baca juga: Pesan Singkat Habib Rizieq Soal Penembakan 6 Laskar FPI: Jangan Ada Pengalihan Isu

Argo Yuwono kembali menegaskan bawa penahanan Habib Rizieq dengan pertimbangan alasan obyektif dan subyektif. 

Alasan obyektif, penahanan dilakukan karena pertimbangan ancaman penjara di atas lima tahun terkait kasus kerumunan di Petamburan dan tuduhan pasal penghasutan dengan ancaman hukuman paling tinggi 6 tahun. 

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved