Breaking News:

Pilkada 2020 di Sumsel

Pilkada 2020 di Mura dan Muratara Rawan Konflik, 205 Personil TNI Siaga di Lima Koramil

205 personil Kodim 0406 MLM siap melakukan pengamanan Pilkada 2020 serentak di Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara.

Editor: Refly Permana
SRIPOKU.COM / ANTON
Ilustrasi Pilkada 2020 di Sumsel 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU - 205 personil Kodim 0406 MLM siap melakukan pengamanan Pilkada 2020 serentak di Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Musi Rawas Utara.

Komandan Kodim 0406 MLM, Letkol Infanteri Erwinsyah Taufan, mengatakan para personil sejauh ini sudah siap membatu Pemerintah Daerah (Pemda) melakukan pengaman wilayah masing-masing.

Ia menuturkan, saat ini lima Koramil di Kabupaten Musi Rawas dan tiga Koramil di Kabupaten Musi Rawas Utara sudah disiagakan membantu pengamanan kepolisian di lapangan.

Baca juga: Imbauan Kapolres untuk Personil Pengamanan Pilkada 2020 di Musi Rawas: Jangan Catat Hasil Suara

"Saat ini semua anggota Koramil dan pasukan siap on call, bila ada suatu ada perkembangan situasi dilapangan anggota selalu siap terjun melakukan pengamanan," ungkapnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (08/12/2020).

Ia mengatakan, dalam pengamanan Pilkada ini sebelum turun ke lapangan semua anggota sudah menerima atensi agar bertindak sesuai prosedur, dan untuk masyarakatnya sudah diminta untuk lebih cerdas dan dewasa.

"Kita juga minta masyarakat untuk bijaksana, dan harus memahami bahwa ini pesta demokrasi boleh meluapkan euphoria atau kegembiraan.

Tapi jangan sampai kegembiraan ini berlebihan, sehingga menyebabkan kerugian baik personil kita dan masyarakat itu sendiri," ungkapnya.

Baca juga: Kembangkan Sport Tourism Poltekpar Palembang Gandeng PT Jakabaring Sport City

Ia pun menegaskan, siap menindak tegas siapapun yang memicu kerusuhan dalam Pilkada serentak 2020 di wilayah Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

"Kita sudah kerjasama dengan kepolisian untuk meminta bantuan monitor wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Ia menambahkan sebagai bentuk pencegahan sejak dini sudah melakukan pemetaan berdasarkan laporan intelijen, dan saat ini unit intel selalu menyampaikan perkembangan situasi dilapangan.

"Ops kita akan mengerahkan personil sesuai data dari intel, keterangan dari mereka bahan acuan kita, kalau ada perkembangan situasi di daerah sudah kita petakan," ungkapnya.

Harapannya kedepan citra Kabupaten Musi Rawas Utara yang selama ini bila ada pesta demokrasi selalu ricuh dan selalu melakukan penutupan jalan di tahun ini tidak terjadi lagi.

Baca juga: Video Menpora Apresiasi Keseriusan Gubernur dan Masyarakat Sumsel, Januari Kembali Bareng Menteri PU

"Jangan sampai stigma selama ini terjadi, saya yakin insyaallah tahun ini Pemilukada kita berjalan dengan baik, dan kita sudah minimalisirnya sedini mungkin," ujarnya.

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved