Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru, Dispar Perketat Prokes Objek Wisata di Pagaralam

Namun di masa pandemi covid-19 ini, wisatawan harus melaksanakan prokes yang ketat guna menekan penyebaran virus covid-19 yang belum juga berakhir

Penulis: Wawan Septiawan | Editor: aminuddin
wawan septiawan
Handout Kepala Dinas Pariwisata Pagaralam M Brilian 

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2021, Kota Pagaralam bakal menjadi tempat tujuan bagi wisatawan dari dalam dan luar daerah  untuk menghabiskan masa liburannya.

Pasalnya, Pagaralam merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan objek wisatanya yang beragam dan menarik. 

Namun tidak seperti tahun sebelumnya, dimana wisatawan bebas melakukan aktivitas di objek wisata secara normal.

Namun di masa pandemi covid-19 ini, wisatawan harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat guna menekan penyebaran virus covid-19 yang telah hampir satu tahun ini belum juga usai. 

Kepala Dinas Pariwisata Pagaralam, M Brilian membenarkan jika di bulan Desember ini Kota Pagaralam akan banyak dikunjungi wisatawan. 

"Benar diperkirakan akan banyam wisatawan.

Untuk itu kita sudah menghimbau kepada pemilik objek wisata untuk mengutamakan Prokes covid-19 di tempat objek wisata masing-masing, seperti harus menjalankan peraturan 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Hal ini guna menekan penyebaran virus covid-19 di Pagaralam," ujarnya.

Hal ini sudah disosialisasikan dari jauh-jauh hari agar pemilik objek wisata dapat mempersiapkan semua fasilitas pendukung prokes Covid-19.

"Setiap objek wisata wajib menyediahkan alat pencuci tangan dan menghimbau pengunjung menggunakan masker serta menjaga jarak," tegasnya.

Namun, khusus untuk menghadapi libur natal dan tahun baru tahun ini, pihaknya bakal berkoordinasi dengan TNI, Polri dan Tim Satgas covid-19, untuk penerapan prokes di titik-titik objek wisata di Pagaralam. 

"Jadi kita menghimbau kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Pagaralam, untuk mematuhi protokol keshatan," imbaunya.

Terpisah, Kasat Pol PP Pagaralam, Mastullah Muklis mengatakan, menghadapi lonjakan wisatawan pada libur natal dan tahun baru, pihaknya akan meyiagakan personil di titik keramain dan objek wisata, selain rutin melaksanak patroli. 

"Tentunya juga dengan dibantu TNI, Polri yang juga bagian dari Tim Satgas Covid-19 dalam mensosialisasikan dan menerapkan prokes tersebut," jelasnya.

Terkait sanksi tegas kepada wisatawan yang tidak melaksanakan Prokes, ia mengungkapkan, pihaknya akan berpedoman dengan Perwako soal penegakan Covid-19. 

"Sanksi sesuai yang dituangkan di Perwako, namun untuk sanksi denda itu pilihan terakhir," pungkasnya.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved