Breaking News:

UU Cipta Kerja

Aliansi Mahasiswa Demo di Istana, Ribuan Massa Sambut Pemimpin FPI Habib Rizieq

ALIANSI organisasi mahasiswa dijadwalkan hari ini (Selasa, 10/11), menggelar aksi unjukrasa menolak UU omnibus law Cipta Kerja., Ri

Editor: Sutrisman Dinah
KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA
Mahasiswa dan buruh kembali demo menolak UU Cipta Kerja ke Istana 

SRIPOKU.COM --- Aliansi organisasi kemahasiswaan kembali menggelar aksi unjukrasa ke depan Istana Negara di Jl Medan Merdeka Utara, kawasan Monas, Jakarta. Mahasiswa kembali menyuarakan untuk menolah undang-undang omnibus law UU No 11/2020 tentang Cipta Kerja.

Selain Aliansi Mahasiswa, massa buruh dan petani, serta elemen masyarakat akan bergabung untuk berdemonstrasi ke Istana. Walaupun demikian, aparat kepolisian telah menutup Jl Medan Merdeka Barat dan jalan akses menuju ke Istana dalam radius 1 kilometer.

Aksi menolak UU Cipta Kerja ini akan mewarnai kemacetan di berbagai tempat, terutama di kawasan Jakarta Pusat. Selain demo ke Istana, ribuan massa akan melimpah ruah di jalanan dalam rangkaian penyambutan pemimpin FPI Muhammad Rizieq Shihab (55).

Habib Rizieq akan mendarat melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Selasa (10/11) pagi. Diperkirakan, pesawat Saudi Airlines yang membawa Habib Rizieq dan keluarganya akan mendarat pukul 09.30.

Selepas tengah hari, diperkirakan massa pendukung Habib Rizieq akan terkonsentrasi di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Imbas kemacetan di Tanah Abang ini, akan berdampak di kawasan Monas yang terkonsentrasi massa demo menolak UU Cipta Kerja.

Aksi unjukrasa mahasiswa dan aliansi buruh ini, digelar bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November. Mereka kembali mengusung isu penolakan terhadap UU Nomor 11 Tahun 2020 atau Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja. 

Juru BicarGedung ILO (International Labour Organization) ke Istana Negara, menurut Jumisih, akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB.

Baca juga: UPDATE: Habib Rizieq Mendarat Pagi Ini, Tol ke Bandara Soekarno-Hatta Macet Total

Baca juga: BEM SI Siap Kembali Turun ke Jalan Desak Presiden Terbutkan Perpu Batalkan UU Cipta Kerja

Tuntutan buruh pun tetap sama yakni pembatalan UU No Nomor 11 Tahun 2020. Buruh 
juga akan menyampaikan isu kenaikan upah minimum yang tak akan dinaikkan tahun depan. 

Aksi buruh hari ini semula direncanakan akan disertai gerakan mogok kerja di tempat masing-masing. Namun, kegiatan itu diubah demi pengumpulan kekuatan dan agar aspirasi bisa lebih didengar oleh pemerintah. 

Aksi demonstrasi penolakan juga digelar elemen mahasiswa, termasuk buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). KSPI akan menggelar demonstrasi di depan kantor Kementerian Tenaga Kerja di Jl Gatot Subroto. 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved