Breaking News:

Wujudkan Energi Berkeadilan, Pertamina Terus Bangun Pertashop Hingga Pelosok Desa di Sumbagsel

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia kembali mempercepat proses pembangunan Outlet Pertashop dengan PT Pertamina (Persero)

Editor: Welly Hadinata
IST
Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Outlet Pertashop kepada calon mitra 

SRIPOKU.COM, LAMPUNG – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia kembali mempercepat proses pembangunan Outlet Pertashop dengan PT Pertamina (Persero) demi mendukung perkembangan ekonomi dan kemandirian desa.

Dengan pembangunan target 40 ribu Outlet Pertashop hingga tahun 2024 sebagai lembaga penyalur resmi BBM, LPG, pelumas, dan produk ritel Pertamina berskala kecil yang digalakkan di desa-desa seluruh Indonesia, diharapkan masyarakat dapat menikmati energi berkualitas dengan akses yang lebih mudah.

Memastikan target ini dapat tercapai, Pertamina membuka peluang kerjasama kemitraan bisnis Outlet Pertashop kepada calon mitra yang direkomendasikan Pemerintahan Desa, melalui kegiatan sosialisasi bersama Kemendagri RI untuk wilayah Provinsi Lampung, Selasa (27/10/2020).

Sosialisasi dihadiri , Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, Natta Irawan, Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina, Jumali, serta jajaran pemerintahan mulai dari Provinsi hingga Desa wilayah Lampung.

Natta Irawan, dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Provinsi Lampung dan Pertamina atas kolaborasinya dalam menentukan titik dan proses pembangunan Pertashop.

Baca juga: Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman, Pertamina Terus Lakukan Pemantauan Distribusi

Baca juga: Jelang Libur Nasional dan Cuti Bersama, Pertamina Amankan Stok serta Pasokan BBM dan LPG

Kegiatan sosialisasi bersama Kemendagri RI untuk wilayah Provinsi Lampung, Selasa (27/10/2020). Sosialisasi dihadiri , Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, Natta Irawan, Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina, Jumali, serta jajaran pemerintahan mulai dari Provinsi hingga Desa wilayah Lampung.
Kegiatan sosialisasi bersama Kemendagri RI untuk wilayah Provinsi Lampung, Selasa (27/10/2020). Sosialisasi dihadiri , Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI, Natta Irawan, Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi, Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Pertamina, Jumali, serta jajaran pemerintahan mulai dari Provinsi hingga Desa wilayah Lampung. (IST)

Menurutnya sinergi ini bisa mempercepat tercapainya tujuan Pertashop yakni pemerataan akses energi bagi masyarakat serta pertumbuhan ekonomi pedesaan.

“Intinya adalah komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota agar dapat memberikan pelayanan terbaiknya serta mendukung percepatan perizinan yang diperlukan untuk pelaksanaan program Pertashop. Kunci pembangunan ada disini, makin cepat, maka makin cepat juga masyarakat dan perekonomian desa menerima manfaatnya,” jelas Natta Irawan dalam sambutannya.

Natta melanjutkan, Kemendagri RI juga melakukan tugas pembinaan dan pengawasan secara umum kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten atau Kota, serta Penyelenggaraan Pemerintahan Desa untuk percepatan pencapaian target program pertashop ini.

“Sumber daya manusia juga sekaligus kita tingkatkan kualitasnya, ini adalah bentuk pembinaan yang kita perlukan untuk mengimbangi pertumbuhan jumlah Pertashop,” tambah Natta.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi turut menyampaikan apresiasi serta komitmen seluruh jajarannya dalam proses pembangunan Outlet Pertashop.

“Pertashop adalah amanah untuk membangun potensi desa dan seluruh perangkatnya. Kami sudah menentukan titik Pertashop di seluruh 2.400an desa di Provinsi Lampung, selanjutnya kami akan sinergi dengan Pertamina untuk menentukan kelayakannya,” ujar Arinal.

Baca juga: Kampung Kreasi Pertamina, Raih Penghargaan PROKLIM Tingkat Nasional

Baca juga: Kawal Pasokan LPG 3 Kg di Lahat, Pertamina Kembali Salurkan 4.520 Tabung LPG 3 Kg Secara di 18 Titik

Selain itu, Arinal juga akan bersinergi dengan Pertamina memastikan standar pelayanan, keselamatan, serta operasional Pertashop.

“Standar harus kita jaga, selain mendorong pertumbuhan ekonomi kita juga harus mengedukasi petugas ataupun perangkat desa bahwa ini adalah obyek vital yang harus dijaga dan memberikan kepercayaan bagi masyarakat yang ingin membeli,” tambahnya.

Sementara itu, Jumali mengatakan Pertamina disini diberikan amanah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa agar makin berkembang. Karenanya, kerjasama kemitraan bisnis Outlet Pertashop ini dibuka untuk Pemerintahan Desa, Koperasi, dan pelaku usaha atau UKM untuk memberdayakan ekonomi masyarakat desa.

“Program Pertashop bersama Kemendagri RI ini sejalan dengan program Pertamina One Village One Outlet (OVOO) Pertamina. Sebagai bentuk pemberdayaan Pemerintahan Desa, Pertamina memprioritaskan lembaga desa sebagai pengelola Pertashop sehingga kehadiran Pertashop selain mempermudah aksesibilitas energi bagi masyarakat desa, juga dapat menggerakkan perekonomian.(Rilis Humas Polda Sumsel)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved