Breaking News:

Kampung Kreasi Pertamina, Raih Penghargaan PROKLIM Tingkat Nasional

Program Kampung Kreasi Pertamina, meraih penghargaan PROKLIM Tingkat Utama Tahun 2020.

IST
Kampung Kreasi Pertamina, Raih Penghargaan PROKLIM Tingkat Nasional 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - 24 Oktober 2020, Tahyudi boleh berbangga hati. Sebagai warga Kelurahan Talangbubuk, Kecamatan Plaju, Tahyudi merasakan upaya aktif warga dalam mewujudkan berbagai kegiatan di Kampung Kreasi Pertamina membuahkan hasil.

Program Kampung Kreasi Pertamina, meraih penghargaan PROKLIM Tingkat Utama Tahun 2020.

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tersebut, diberikan kepada kampung yang telah melalukan inisiatif antara lain menghijaukan dan menghutankan daerahnya, memilah sampah, menghemat pemakaian listrik dan air, tidak membakar sampah, hutan dan lahan, meningkatkan ketahanan pangan serta mengurangi risiko, dan ancaman akibat bencana terkait iklim.

Pemberian penghargaan dilakukan secara daring di Kantor Walikota Palembang. pada Jumat (23/10/2020).

Jejak Program Kampung Kreasi Pertamina, sudah dijalankan sejak akhir 2018 itu. Warga digandeng Pertamina untuk melaksanakan berbagai aktivitas unggulan yakni, mengolah bahan limbah Non B3, pemanfaatan energi terbarukan, menghias kampung, serta penanggulangan Covid-19.

Program berbasis pemberdayaan masyarakat tersebut telah menjawab permasalahan lingkungan melalui pontensi yang ada di lokasi tersebut.

Kampung Kreasi Pertamina, Raih Penghargaan PROKLIM Tingkat Nasional
Kampung Kreasi Pertamina, Raih Penghargaan PROKLIM Tingkat Nasional (IST)

Baca juga: Kawal Pasokan LPG 3 Kg di Lahat, Pertamina Kembali Salurkan 4.520 Tabung LPG 3 Kg Secara di 18 Titik

Baca juga: Pertamina Gelar Table Top Excercise, Security Drill ISPS 2020 Guna Menjaga Keamanan di Perairan

Baca juga: Permudah Akses ke Pangkalan, Pertamina Tambah 130 Pangkalan di Kabupaten Lahat

Kampung Kreasi Pertamina, Raih Penghargaan PROKLIM Tingkat Nasional
Kampung Kreasi Pertamina, Raih Penghargaan PROKLIM Tingkat Nasional (IST)

“Kami merasakan bantuan dan pendampingan yang diberikan oleh Pertamina menjadi bukti dukungan bagi kampung yang bersih dan pro iklim, sehingga diharapkan nantinya masyarakat dapat sadar terhadap lingkungan kampung, dan dapat menjadi kampung percontohan yang ramah lingkungan," jelas Tahyudi.

Penghargan diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Hendroyono dan diterima langsung oleh Walikota Palembang sebagai perwakilan dari Pemerintah Kota Palembang secara daring.

"Penghargaan ini merupakan suatu poin penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Kota Palembang, khususnya di wilayah Kelurahan Talangbubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang," kata Camat Plaju, Ahmad Furqon, S.STP, M.SI, yang juga turut hadir dalam acara penganugerahan PROKLIM.

Furqon berharap nantinya tidak hanya sekedar mendapat penghargaan tingkat nasional, melainkan agar masyarakat bisa sadar terhadap kondisi lingkungan.

Pada kesempatan lain, Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Sumbagsel, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan Pertamina sebagai perusahaan yang sadar dan peduli terhadap lingkungan mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat yang telah bersama-sama membangun Kampung Kreasi ini sehingga dapat meraih penghargaan PROKLIM Tingkat Utama Nasional.

“Penghargaan ini membuat kami terpacu untuk lebih bersemangat dalam membina lingkungan masyarakat melalui program CSR”, ungkap Umar.

Dia berharap Program Kampung Kreasi Pertamina ini, dapat menjadi contoh dan diterapkan di lokasi-lokasi lainnya, terutama di lokasi dengan karakteristik yang sama.

Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved