Breaking News:

Gawat, Indonesia Masuk Urutan 7 Besar Punya Utang Luar Negeri di Dunia

Tidak terbantahkan bahwa utang Indonesia semakin membengkak sehingga tergolong negara paling banyak utang di Dunia.

Editor: Salman Rasyidin
kompas.com
ILUSTRASI. 10 negara dengan utang luar negeri terbesar di dunia, Indonesia termasuk 7 besar. 

SRIPOKU.COM –Tidak terbantahkan bahwa utang Indonesia semakin membengkak sehingga tergolong negara paling banyak utang di Dunia.

Banyak yang mengkhawatirkan utang Indonesia saat ini akan ikut ditanggung oleh bayi yang belum lahir kalau dibagi rata per jiwa.    

Seperti  diwartakan KONTAN.CO.ID bahwa perkembangan utang luar negeri dan aliran modal asing di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah pada tahun 2019 melambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Perlambatan utang luar negeri dan aliran modal asing ini sejalan dengan melemahnya pertumbuhan ekonomi global yang hanya mencapai 2,4%.

Namun, sejumlah negara mencatat kenaikan utang, termasuk Indonesia.

Bank Dunia merilis data utang luar negeri dari 120 negara-negara dengan berpendapatan rendah hingga sedang dalam International Debt Statistics (IDS) 2021.

Data World Bank mencatat, jumlah arus keuangan baik utang luar negeri dan modal asing di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tahun 2019 hanya mencapai US$ 909,7 miliar. Jumlah tersebut merosok 14,25% dibanding posisi tahun 2018.

Utang luar negeri tercatat mengalami penurunan paling besar mencapai 28,03% menjadi US$ 382,8 miliar.

Sedangkan arus modal asing ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tahun 2019 hanya turun 0,4% menjadi US$ 526,9 miliar.

Penurunan utang luar negeri ini terutama disebabkan oleh kontraksi yang parah dalam arus masuk utang jangka pendek, yang turun 86% menjadi US$ 30 miliar dari $ 219 miliar pada tahun 2018.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved