Breaking News:

Berita Musirawas

Kilas Balik Perjalanan Pilkades dengan Teknologi e-Voting di Musirawas, Raih Penghargaan dari BPPT

Kilas Balik Perjalanan Pilkades dengan Teknologi e-Voting di Musirawas, Hingga Berbuah Penghargaan dari BPPT

SRIPOKU.COM/Ahmad Farozi
H Rudi Irawan Ishak (saat menjabat Kepala BPMPD Musirawas-red), menjelaskan teknis pelaksanaan pilkades dengan sistem e-voting, saat sosialisasi kepada masyarakat di Desa U2 Karyadadi Kecamatan Purwodadi Kabupaten Musirawas pada 4 September 2013 lalu. 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - KABUPATEN Musirawas adalah satu dari empat kabupaten se Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Penghargaan diberikan atas keberhasilan Kabupaten Musirawas menerapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) menggunakan teknologi elektronik voting (e-Voting) berbasis KTP elektronik diseluruh desa secara berkelanjutan.

Penghargaan ini diberikan oleh Kepala BPPT Hammam Riza kepada Bupati Musirawas H Hendra Gunawan secara virtual, Senin (24/8/2020).

Seperti apa perjalanan penerapan pilkades dengan teknologi e-voting di Musirawas hingga akhirnya berbuah penghargaan dari BPPT, berikut kilas baliknya.

Perjalanan penerapan Pilkades dengan teknologi e-Voting di Musirawas masih tercatat direkam jejak digital Sripoku.com.

Kurang lebih tujuh tahun silam, tepatnya 5 Desember 2013, Sripoku.com pernah memberitakan, untuk pertamakalinya Pilkades menggunakan teknologi e-Voting dilaksanakan di Kabupaten Musirawas.

Ada dua desa yang melaksanakan Pilkades dengan cara ini kala itu, yaitu Desa U2 Karyadadi Kecamatan Purwodadi dan Desa Taba Renah Kecamatan Selangit.

Diawal penerapannya, Kabupaten Musirawas merupakan kabupaten pertama se Sumatera dan kabupaten ketiga se Indonesia yang menerapkan pelaksanaan pilkades dengan teknologi e-voting.

Dimana secara nasional yang pertama menerapkan pilkades dengan teknologi e-voting adalah Kabupaten Jembrana Propinsi Bali dan kedua adalah Kabupaten Boyolali Propinsi Jateng.

Sejarah mencatat, meski baru pertama kali melaksanakan Pilkades dengan teknologi e-Voting, namun Pilkades berlangsung lancar.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved