Breaking News:

13 Juli Awal Tahun Pelajaran Baru dan Masih Pakai Metode Belajar Jarak Jauh, Begini Ketentuannya

Mengingat kondisi pandemi Covid-19 atau Virus Corona di Palembang masih zona merah dan setiap hari makin meningkatnya jumlah positif Covid-19.

SRIPOKU.COM/MAYA Citra Rosa
Belajar dari Rumah, Murid manfaatkan Google Clasroom untuk Mengerjakan Tugas 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Mengingat kondisi pandemi Covid-19 atau Virus Corona di Palembang masih zona merah dan setiap hari makin meningkatnya jumlah positif Covid-19.

Maka Dinas Pendidikan Palembang mengeluarkan surat edaran untuk tahun ajaran baru 2020/2021 ini Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk tingkat SKB, PAUD, TK Negeri/Swasta, SD negeri/swasta, SMP negeri/swasta dan Mts negeri/swasta dilakukan secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) hingga September 2020.

Dalam surat edaran tersebut, berdasarkan Nomor : 1198 /DISDIK/2020 tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun pelajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.

Akui Suka Makan Bunga Melati & Kantil, Istri Jerinx SID Dituduh Lakukan Ritual Mistis,Ini Manfaatnya

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang, Ahmad Zulinto, mengatakan pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan ini adalah kesehatan lahir dan batin siswa dan guru.

Kepala sekolah dan seluruh warga sekolah, maka sekolah yang berada di daerah zona kuning, oranye, dan merah, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan atau sekolah.

"Sehubungan hal tersebut, tahun Pelajaran 2020/2021 dimulai 13 Juli mendatang masih tetap melanjutkan pembelajaran jarak jauh sampai dengan 30 September atau hingga pemberitahuan lebih lanjut," ujarnya, Kamis (9/7/2020).

Selama masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah dilaksanakan dengan beberapa ketentuan, seperti kegiatan belajar dari rumah menuntut adanya kolaborasi, partisipasi, dan komunikasi aktif antara guru, orangtua dan siswa.

Kegiatan pembelajaran yang tadinya lebih banyak dilaksanakan tatap muka antara guru dengan siswa di kelas, berubah menjadi pembelajaran jarak jauh secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan).

20 Aplikasi Belajar Rekomendasi Dinas Pendidikan Palembang, Bisa untuk Pembelajaran Jarak Jauh

" Nah, belajar dari rumah ini tidak sekedar memenuhi tuntutan kompentensi (KI-KD) pada kurikulum, tetapi lebih ditekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia, dan kemandirian siswa," ujarnya.

Selain itu, pihak sekolah, guru dan semua pihak terkait, untuk memperhatikan Kurikulum Tahun Pelajaran 2020/2021.

"Seluruh siswa harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran dari sekolah melalui program belajar dari rumah dengan bimbingan/pemantauan oleh guru dan orang tua," jelasnya.

Halaman
123
Editor: Refly Permana
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved