Breaking News:

Mako Akademi TNI Pasang Plang Penegasan Pemilik Lahan di Pemkot Magelang, Kami Ingin Ambil Alih

Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, mengakui bahwa kompleks tersebut merupakan milik eks Mako Akabri yang berdiri di atas tanah seluas 40.000 m2

(KOMPAS.COM/IKA FITRIANA)
Puluhan anggota TNI mendatangi kantor Walikota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (3/7/2020). Mereka memasang beberapa patok plang atau papan nama di area depan kantor tersebut. Papan itu bertuliskan Tanah dan Bangunan Ini Milik Dephankam Cq. Mako Akabri/Mako Akademi TNI, Berdasarkan SHP No.9 Tahun 1981, IKN No.2020335014, Luas Tanah 40.000 M2. 

SRIPOKU.COM - Puluhan anggota TNI mendatangi kantor walikota Magelang, Jawa Tengah, Jumat (3/7/2020).

Mereka memasang beberapa patok berupa plang atau papan nama di area depan kantor tersebut.

Papan itu bertuliskan "Tanah dan Bangunan Ini Milik Dephankam Cq. Mako Akabri/Mako Akademi TNI, Berdasarkan SHP No.9 Tahun 1981, IKN No.2020335014, Luas Tanah 40.000 M2".

Potret Bayi Lina & Teddy Terlihat Saat Anak Sule Membawanya, Putri Delina Telaten Urus Pekerjaan Ini

Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, mengakui bahwa kompleks tersebut merupakan milik eks Mako Akabri yang berdiri di atas tanah seluas 40.000 meter persegi.

Ini sesuai Sertifikat Hak Pakai (SHP) Nomor 9/Kelurahan Tidar (sekarang masuk Kelurahan Magersari), Kecamatan Magelang Selatan, atas nama Departemen Pertahanan Keamanan Cq Mako Akabri.

Namun, Sigit menyayangkan pemasangan plang.

Selama empat tahun terakhir Pemkot Magelang sudah melakukan berbagai upaya dialog dengan Akademi TNI yang difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait persoalan aset tersebut.

"Sebenarnya pada rapat-rapat terdahulu sudah ada titik temu, sudah akan saling menghibahkan, lokasinya tidak jauh dari kantor kita, dan ini tiba-tiba ada insiden matok (pasang plang), lah, ini yang kita sayangkan," tutur Sigit.

Bukti Kaya Raya, Sule Ngaku tak Tahu Jumlah Mobil Mewah Miliknya Sumber Keuangan Bocor, Pantes Tajir

Komandan Resimen Chandradimuka Akademi TNI Kolonel (Pas) Tri Bowo, menjelaskan pemasangan papan nama ini sebagai penegasan bahwa aset yang sampai saat ini digunakan Pemkot Magelang itu adalah milik Markas Komando (Mako) Akabri, yang kini bernama Mako Akademi TNI.

"Sejak 1985 Pemkot Magelang menempati aset kami. Pemkot Magelang dalam hal ini hanya bersifat pinjam pakai.

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved