Berita Pagaralam

Mulai Hari Ini Cetakan Kartu Keluarga di Pagaralam Menggunakan Kertas HVS

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pagaralam mengumumkan bahwa sejak Rabu (1/7/2020) pencetakan Kartu Keluarga (KK)

SRIPOKU.COM / Wawan Septiawan
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pagaralam Zulkifli Sabri saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (1/7/2020). 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pagaralam mengumumkan bahwa sejak Rabu (1/7/2020) pencetakan Kartu Keluarga (KK) saat ini tidak lagi menggunakan blangko khusus seperti biasanya.

Namun akan dicetak menggunakan kertas HVS putih A4 80 gram.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pagaralam Zulkifli Sabri saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/7/2020).

Pelaku Perampokan Mobil Pajero di Palembang Ditangkap Saat Jual HP Korbannya, Perannya Terungkap

 

BREAKING NEWS : Seorang Pelaku Perampokan Mobil Pajero Milik IRT di Palembang Ditangkap Polda Sumsel

Pencetakan KK yang tidak lagi menggunakan kertas berhologram seperti yang lama, namun akan menggunakan kertas HVS putih A4 80GR sesuai dengan ketentuan yang merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.109 Tahun 2019 tentang buku formulir dan buku yang digunakan dalam adminduk.

"Dengan adanya aturan ini blangko kartu keluarga dan akta pencatatan sipil maksimal digunakan sampai dengan 30 Juni 2020 lalu," ujarnya.

Jika Palembang Kembali Zona Merah, PSBB Tidak Dapat Diterapkan Lagi, Berikut Penjelasannya

 

Cerita Anggota Polri di Ogan Ilir Modif Motor Jadi Alat Pemadam Karhutla, Begini Cara Kerjanya

Ditambahkannya untuk tanda tangan pada pencetakan KK yang menggunakan kertas HVS ini nanti akan menggunakan tanda tangan barcode sehingga meskipun kertas putih tanda tanganya tidak tidak bisa dipalsukan.

"Nantinya untuk sisa blangko yang masih ada di kantor kami akan dikembalikan atau dimusnakan hal ini masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat," katanya.

Berlaku 1 Hari, Pemohon SIM Gratis di Polrestabes Palembang Membludak, Ada yang Bayar Rp 50 Ribu

 

Tidak Sependapat Palembang Disebut Zona Merah Lagi, Prof Yuwono : Kasus Sembuh Naik 2 Kali Lipat

Dukcapil menyampaikan pembuatan dokumen KK menggunakan kertas HVS ini sudah disampaikan keseluruh jajaran ditingkat Kecamatan dan Kelurahan sekota Pagaralam beberapa minggu yang lalu.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan kemasyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan dan surat pindah, pihaknya menghimbau untuk langsung datang ke Kantor Dukcapil dan tidak perlu lagi mengurus ditingkat Kecamatan dan Kelurahan.

"Ini kita lakukan untuk mempermudah serta meningkatkan pelayanan keperluan yang dibutuhkan masyarakat dan semua kepengurusan dokumen tersebut gratis," tegasnya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved